KKSB Berulah Lagi, Dikejar Prajurit TNI dan Polisi

KKSB Berulah Lagi, Dikejar Prajurit TNI dan Polisi

Ilustrasi prajurit TNI | dok. JPNN

Metro Merauke – Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali berubah, dengan menembak 2 mobil Patroli milik Polres Puncak Jaya di Distrik Illu, Selasa (7/8). Kawasan Puncak Jaya ditetapkan siaga 1.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Puncak Jaya, AKBP Agustinus F.I Napitupulu saat menghadiri silaturahmi antara Kapolda Papua dengan Karyawan Cenderawasih Pos, di Graha Pena Papua, Rabu (8/8).

“Saat ini kami siaga, dan anggota dalam hal ini Polres Puncak Jaya, Satgas Polda dan TNI masih melakukan pengejaran terhadap kelompok ini,” kata Agustinus.

Menurutnya, kelompok kriminal bersenjata yang berasal dari daerah Tiginambut ini sudah turun gunung dan berada di kawasan Mulia hingga ke Polsek Illu.

“Kelompok ini sedang mengamati kerja kepolisian, kapan anggota lengah disitulah mereka masuk. Namun anggota kami tetap rutin melakukan Patroli di lapangan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Adapun motif dari kelompok ini kata Agustinus, berupa aksi balas dendam lantaran adanya penangkapan terhadap rekan mereka. “Kebiasaan di sana (Puncak Jaya, red) itu, ketika ada anggota mereka yang ditangkap pasti mereka berulah. Sehingga aggota selalu saya ingatkan untuk hati-hati,” katanya.

Dikatakan, akibat adanya penembakan, mobil lajuran yang mengangkut bahan logistic tak bisa masuk di Kabupaten Puncak Jaya sejak seminggu terakhir.

Namun, mengantisipasi kekosongan bahan logistik maka pihak Kepolisian kata Agustinus siap mengawal mobilitas mobil lajuran. “Yang kami khawatirkan jika mobil ini tidak bisa beroperasi lantaran factor keamanan, maka masyarakat setempat akan kekurangan logistik,” keluhnya.

Terkait dengan ativitas masyarakat kata Agustinus berjalan sebagaimana bisanya, dirinya menghimbau agar masyarakat sama-sama menjaga Kamtibmas.

Dua hari lalu, Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKB), menembak 2 mobil patroli Polres Puncak Jaya saat melakukan perjalanan menuju Distrik Illu, pada Selasa (7/8).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal dalam siaran persnya menyebutkan, sebelum kejadian itu dimana personel Polres Puncak Jaya yang berjumlah 18 dipimpin Kabag Ops Polres Puncak Jaya AKP Ferdinand B. Maasaset, S.IK bergerak menuju Distrik Illu dengan menggunakan 2 mobil patroli Polres Puncak Jaya.

Tiba-tiba mobil milik tersebut ditembaki oleh KKSB di sekitar Puncak senyum Distrik Irimuli Kabupaten Puncak Jaya.

“Sempat terjadi kontak senjata antara anggota dan KKB, dan tak ada korban jiwa dalam insiden itu,” ucap Kamal.

Dikatakan, adanya insiden itu membuat Satgas Polda Papua BKO Polres Puncak Jaya menuju TKP penembakan di Puncak senyum, guna memback up para personel Polres Puncak Jaya yang ditembaki.

“Tidak ada korban jiwa, namun mobil patroli milik Polres Puncak Jaya terkena tembakan. Dimana mobil pertama mengenai ban depan sebelah kiri serta bemper depan sebelah kiri, dan mobil kedua mengenai ban depan sebelah kiri dan bak penutup belakang mobil,” jelasnya.

Menurut Kamal, pelaku dari kelompok kriminal bersenjata ini diduga berasal dari dari Kelompok Pilia Lanny Jaya.

“Saat ini anggita sedang melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut, untuk situasi di Kabupaten Puncak Jaya saat ini aman dan kondusif,” tandasnya. (fia)

Sumber: JPNN

Advertisement