Legislator Papua Sebut Program Rastra Bisnis Terselubung

Legislator Papua Sebut Program Rastra Bisnis Terselubung

Legislator Papua, John NR Gobai

Metro Merauke – Legislator Papua dari 14 kursi pengangkatan, John NR Gobai menyebut program beras sejahtera (rastra) merupakan bisnis terselubung berbagai pihak terkait.

“Rastra ini bisnis yang menguntungkan pihak Bulog sebagai penyedia, kontraktor yang mendistribusikan, kepala distrik dan Dinas Perindakop,” kata Gobai kepada Metro Merauke, Kamis (9/08).

Ia mencontohkan, jika masyarakat tak mampu menebus jatah rastranya, kepala distrik (kadistrik) yang akan menebusnya.

“Kemudian, menjual kepada pedagang. Selain itu, kualitas rastra yang sampai kepada masyarakat kebanyakan sudah tak layak konsumsi,” ucapnya.

Untuk itu lanjut Gobai, pihaknya ingin masyarakat Papua yang selama ini mendapat jatah rastra, perlahan dilepas dari ketergantungan beras subsidi pemerintah itu. Rastra perlu dihentikan secara bertahap ke Papua, karena Papua mimiliki banyak potensi pangan lokal.

Namun katanya, demi investasi sawit, hutan sagu dibabat. Pembukaan lahan sawah dipercepat guna mengisi stok beras Bulog, untuk didrop ke distrik.

“Hentikan pembukaan lahan sawit dan lainnya. Lebih baik menciptakan lumbung pangan lokal. Jika ada oknum pejabat yang menolak penghentian rastra, dapat diduga ia selama ini ikut menikmati bisnis rastra,” ujarnya. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement