Aksi Demonstrasi Dibubarkan, Empat Orang di Gelandang ke Polres Merauke

Aksi Demonstrasi Dibubarkan, Empat Orang di Gelandang ke Polres Merauke

Beberapa orang diamankan untuk diperiksa | LKF

Metro Merauke – Polres Merauke menurukan anggotanya melakukan pengamanan di Lingkaran Brawijaya (Libra) serta beberapa titik lain yang sedianya akan menjadi tempat kumpul massa  melakukan aksi demonstrasi.

Kabag Ops Polres Merauke, Komisaris Polisi (Kompol) Marthen Koagouw kepada wartawan Kamis (9/8) menjelaskan, kelompok tersebut menamakan diri Gempar yang hendak demonstrasi memperingati  hari masyarakat adat sedunia.

“Memang ada surat yang dikirim ke Polres Merauke meminta melakukan aksi demonstrasi hari ini. Hanya saja, dari intelijen menyalahi aturan, lantaran tak sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945,” ujarnya.

Meskipun tak diizinkan, namun tadi pagi beberapa orang nekad datang di Libra. Awalnya, polisi menyarankan agar pulang ke rumah lantaran tak ada surat izin. Namun, ada yang tak menerima dan berusaha melakukan perlawanan.

Sehingga, lanjut Marthen, diamankan dan dibawa ke Polres Merauke untuk dilakukan interogasi lebih lanjut. Setelah itu dipulangkan.

“Kami sudah mengidentifikasi empat titik yang sedianya akan menjadi tempat berkumpulnya massa. Sehingga sejak pagi, anggota melakukan patroli dan pemantauan rutin,” katanya. (LKF)

Advertisement