Dukung Jokowi Dua Periode, Ratusan Masyarakat Lakukan Deklarasi

Dukung Jokowi Dua Periode, Ratusan Masyarakat Lakukan Deklarasi

Ratusan masyarakat Suku Kanum dan Yeinan saat melakukan deklarasi dukung Presiden Jokowi dua periode | LKF

Metro Merauke – Panasnya terik matahari tak mematahkan semangat ratusan masyarakat Suku Kanum dan Yeinan dari beberapa kampung seperti Sota, Yanggandur, Rawa Biru, Erambu serta beberapa kampung lain, melakukan deklarasi di Tugu Nol Kilometer Merauke-Sabang.

Deklarasi itu tidak lain memberikan dukungan penuh kepada Presiden RI, Joko Widodo untuk dua periode. Karena dalam masa kepemimpinan lima tahun, banyak program telah dinikmati masyarakat termasuk orang asli Papua di kampung-kampung.

Sebelum dilakukan deklarasi Rabu (8/8), dengan mengenakan atribut adat, ratusan masyarakat dua suku besar tersebut menjemput salah seorang Tim Relawan Jokowi, Adi Muslimin sekaligus mengenakan beberapa atribut adat. Mereka juga membunyikan kendara sepanjang jalan.

Setelah prosesi penjemputan, perarakan dilakukan menuju ke tugu nol kilometer yang terpaut sekitar 50 meter. Di dalam area tugu, sebuah spanduk ‘raksasa’ dibentangkan dengan tulisan, “terimakasih untukmu Jokowi.”

Spanduk berukuran raksasa yang dibentangkan di dalam areal tugu nol kilometer Merauke-Sabang oleh masyarakat | LKG

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA)  Kanum, Marthen Ndiken kepada sejumlah wartawan mengungkapkan, deklarasi yang dilakukan ini adalah spontanitas  masyarakat yang menginginkan Presiden Jokowi dua periode.

“Kami telah merasakan secara langsung berbagai program nyata dari kepemimpinan Jokowi sebagai Presiden RI. Dimana, pembangunan dilakukan hingga kampung-kampung,” katanya.

Bahkan, jelas dia, berulang kali Presiden Jokowi ‘menjenguk’ dan melihat langsung kehidupan orang Papua sekaligus mendengarkan berbagai kesulitan yang dialami serta dirasakan.

Presiden Jokowi juga, katanya, rela ke kabupaten yang terjauh seperti di Asmat beberapa waktu lalu, pasca kejadian luar biasa (KLB) diare serta campak.

“Tentunya sosok seperti Bapak Jokowi, sangatlah diharapkan  orang Papua. Sehingga masyarakat dua suku besar yakni Kanum serta Yeinan, memberikan dukungan penuh agar Bapak Jokowi memimpin negara ini dua periode,” katanya.

Marthen menambahkan, ada beberapa program nyata telah dirasakan dan dinikmati masyarakat yakni kucuran dana desa hingga miliaran rupiah tiap tahun untuk berbagai kegiatan pembangunan di kampung.

Selain itu, jelas dia, pembangunan puskesmas maupun infrastruktur baik jalan maupun jembatan. Juga beberapa kegiatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Apa yang saya sampaikan ini, tidak mengada-ada. Tetapi fakta karena masyarakat telah menikmati hasilnya dalam lima tahun kepemimpinan Bapak Presiden RI, Joko Widodo,” ujarnya.

Salah seorang Relawan Jokowi, Adi Muslimin mengaku,  hari ini berlangsung deklarasi dukungan terhadap Presiden Jokowi dua periode di empat penjuru yakni Merauke, Sabang, Rote serta Miangas.

Tim Relawan Jokowi, Adi Muslimin sedang dikenakan atribut adat | LKF

“Kami hadir disini hanya sebatas menyaksikan apa yang disuarakan masyarakat Suku Kanum dan Yeinan mendukung Bapak Jokowi,” katanya.

Nantinya, lanjut Adi, hasil deklarasi berupa dokumen gambar yang diabadikan, akan diserahkan secara langsung kepada Presiden Jokowi di Jakarta. (LKF)

Advertisement