Empat Unit Kolam Ikan Bagi OAP Siap Dikerjakan

Empat Unit Kolam Ikan Bagi OAP Siap Dikerjakan

Bangunan Kantor Kelurahan Rimba Jaya | LKF

Metro Merauke – Lurah Rimba Jaya, Distrik Merauke, Wilem Kambuam mengungkapkan, tim dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Merauke, telah melakukan survei di empat titik yang akan dijadikan sebagai tempat  pembudidayaan ikan.

Hal itu disampaikan Wilem kepada Metro Merauke di kantornya Selasa (7/8). Dikatakan, awalnya ia mengusulkan enam kolam ikan ke dinas terkait. Namun karena keterbatasan anggaran, sehingga direalisasikan empat unit.

“Kenapa saya memilih program ini. Karena ada sejumlah lokasi yang telah digenangi air setelah adanya penggalian pasir maupun tanah timbun. Dari pada dibiarkan, lebih baik dimanfaatkan,” katanya.

Lalu, jelas dia, langsung dikomunikasikan bersama dinas kelautan-perikanan dan ditanggapi positif. Beberapa hari lalu, tim telah berkunjung di empat titik itu.

Nantinya, kata Wilem, akan diturunkan alat berat lagi guna melakukan pengurukan. Selanjutnya dibuatkan kolam ikan permanen. Dari situ, baru ditaburkan bibit ikan di dalamnya.

“Memang dari dinas akan menaburkan ikan lele. Namun saya minta agar bisa ada penambahan beberapa jenis ikan lain seperti mujair,” katanya.

Dikatakan, sambil pengerukan dan pengerjaan kolam dilakukan, diharapkan adanya pelatihan diberikan kepada empat kelompok. Karena ini adalah program pertama dan yang nantinya mengurus adalah orang asli Papua sendiri.

“Tentunya pelatihannya adalah bagaimana menyiapkan makanan untuk ikan dan cara melakukan perawatan sekaligus mengembangbiakan ikan dalam jumlah lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Ditambahkan, ada beberapa program lain sudah dilakukan seperti pembukaan lahan pertanian untuk areal persawahan seluas 3,5 hektar. Juga pengembangan beberapa jenis sayur-sayuran.

“Fokus saya adalah kepada OAP dengan tujuan agar mereka bisa mendapatkan penghasilan dari beberapa program dimaksud,” ujarnya. (LKF)

Advertisement