KPU Merauke Verifikasi Kembali Berkas Bacaleg

KPU Merauke Verifikasi Kembali Berkas Bacaleg

Kantor KPU Kabupaten Merauke | LKF

Metro Merauke – Meskipun berkas bakal calon legislatif telah diterima kembali Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah dilakukan perbaikan  sejak tanggal 22-31 Juli 2018, namun masih ada beberapa tahapan  dilalui terlebih dahulu.

Anggota KPU Kabupaten Merauke, Aryadi kepada Metro Merauke Jumat (3/8) menjelaskan, saat ini sedang masuk tahapan verifikasi berkas bacaleg oleh kelompok kerja (Pokja) yang dibentuk.

Setelah proses verifikasi, demikian Aryadi, hasilnya akan diplenokan. Lalu,  pada tangal 8-12 Agustus 2018, masuk penetapan daftar calon sementara caleg. “Kita belum tahu apakah ada pengurangan atau tidak caleg,” ujarnya.

Setelah penetapan caleg sementara, katanya, dilakukan persiapan penetapan caleg tetap yang akan berlangsung Bulan September.

“Memang masih bisa ada pergantian caleg ketika ada yang meninggal dunia maupun terjerat hukum setelah adanya putusan pengadilan. Namun sesuai aturan, penggantinya adalah perempuan untuk memenuhi kuota 30 persen,” katanya.

Disinggung bagaimana jika berkas caleg ada yang tidak lengkap, Aryadi mengatakan, tak ada waktu perbaikan lagi. Jika ditemukan, langsung dinyatakan gugur.

“Kita akan periksa secara detail berkas bakal caleg selama proses verifikasi berlangsung. Apakah semuanya sudah dinyatakan lengkap atau tidak,” ungkap dia. (LKF)

Advertisement