Festival Kopi Hadirkan Beragam Kopi Papua

Festival Kopi Hadirkan Beragam Kopi Papua

Suasana pembukaan Festival Kopi Papua di halaman kantor Bank Indonesia perwakilan Papua, Jumat (3/8/2018)

Metro Merauke – Festival Kopi Papua yang diselenggarakan Bank Indonesia perwakilan Papua, 3-4 Agustus 2018 menghadirkan beragam kopi dari berbagai kabupaten di Papua.

Kopi yang ditampilkan dalam festival kopi pertama di Papua itu yakni dari Kabupaten Pegunungan Bintang, Nabire, Jayawijaya, Kepulauan Yapen, Mimika, Lanny Jaya, Yahukimo, dan 14 kedai kopi di Jayapura.

“Festival kopi Papua ini diikuti 11 petani kopi dari berbagai kabupaten di Papua,” kata Kepala Bank Indonesia perwakilan Papua, Joko Supratikto saat pembukaan festival kopi, Jumat (3/08).

Festival kopi Papua yang diberlangsung di halaman kantor BI perwakilan Papua dengan tagline “Kopi Papua, Kitorang Pu Andalan” itu menurutnya, merupakan pemicu untuk pengembangan kopi di Papua, dan diharapkan dapat menjadi daya tarik masyarakat Papua menekuni wirausaha kopi.

Kata Joko Supratikto, kopi dapat menjadi salah satu andalan pertumbuhan ekonomi masyarakat Papua, karena selama ini pertumbuhan ekonomi Papua sangat tinggi, tapi hanya bergantung pada sektor pertambangan. Namun ketika pertambangan lesu, pendapatan ekonomi di Papua juga menurun.

“Salah satu yang dipandang dapat menjadi sektor pertumbuhan ekonomi baru adalah kopi,” ucapnya.

Ketua Dewan Kopi Nasional, Anton Apriyantono yang hadir dalam pembukaan festival kopi Papua mengatakan, ini momentum penting membangkitkan perekonomian masyarakat Papua, dan akan membawa dampak positif.

“Para petani juga akan semangat meningkatkan produksinya,” kata Anton.

Katanya, Dewan Kopi Indonesia kini memikirkan bagaimana agar ada program mengangkat kopi Papua yang dikaitkan dengan pariwisata. (Arjuna P/Redaksi)

 

Advertisement