PKD Ikut Caleg, Bupati Mappi: Harus Mundur!

PKD Ikut Caleg, Bupati Mappi: Harus Mundur!

Bupati Mappi, Kristosimus Yohanes Agawemu sedang berikan sambutan | Sayd

Metro Mappi – Rupanya ada beberapa Pengawai Kontrak Daerah (PKD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mappi disinyalir mengikuti proses pencalegan di sejumlah partai politik, padahal masih terikat kontrak.

Menyikapi itu, Bupati Mappi, Kristosimus Yohanes Agawemu mengingatkan agar semua orang termasuk PKD, harus mematuhi dan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Setiap warga negara, lanjut bupati, memiliki hak konstitusional. Namun harus tetap tunduk kepada aturan yang berlaku sebagaimana diamanatkan dalam  Undang-Undang Nomor  7 Tahun 2017 tentang pemilu.

Dijelaskan, dalam pasal 240 ayat (1) huruf K diisyaratkan kepada kepala daerah dan wakil kepala daerah  yang mengikuti pencalegan, wajib hukumnya mengundurkan diri.

Hal yang sama juga berlaku bagi anggota TNI dan Polri aktif, serta Aparat Sipil Negara (ASN), karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta  Pegawai Kontrak Daerah (PKD).

Dikatakan, prinsip dari pasal itu yakni semua penerima upah yang bersumber dari keuangan negara, wajib hukumnya mengundurkan diri secara permanen.

“Jadi, kalau ada PKD ingin berkiprah dalam dunia politik segera mungkin mengajukan surat  pengunduran diri,” pintanya. (Sayd)

Advertisement