Legislator Papua Desak Penjabat Gubernur Lantik Kadis ESDM

Legislator Papua Desak Penjabat Gubernur Lantik Kadis ESDM

Legislator Papua dari 14 kursi pengangkatan, John NR Gobai

Metro Merauke – Legislator Papua dari 14 kursi pengangkatan, John NR Gobai mendesak Penjabat Gubernur Papua, Soerdarmo segera melantik kepala dinas (kadis) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Katanya sejak, September 2017 lalu posisi kepala Dinas ESDM Papua diisi pelaksana tugas lantaran kepada dinas sebelumnya meninggal dunia (berhalangan tetap).

“Kenapa hingga kini posisi pelaksana tugas kepala dinas dipegang pelaksana tugas. Ini sudah cukup lama. Ada kepentingan apa pihak Pemprov Papua dan dinas ESDM, sehingga posisi kepala dinas masih kosong,” kata John NR Gobai, Kamis (26/07).

Menurutnya, penjabat gubernur punya alasan kuat melantik kepala Dinas ESDM definitif karena pejabat sebelumnya berhalangan tetap.

“Yang tidak bisa dilakukan penjabat gubernur, kalau menggeser atau mengganti pejabat (kepala dinas) yang masih aktif.”

Kata Gobai, penjabat gubernur juga perlu mengecek apakah Dinas ESDM Papua sudah selesaikan proses P3D terhadap perizinan dari kabupaten (kota).

Pemprov tak bisa menyalahkan pemerintah kabupaten (kota) terhadap izin yang dikeluarkan selama ini, karena sebelum Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2014 diberlakukan, terlebih dahulu ada UU nomor 4 Tahun 2009, yang memberikan kewenangan kepada bupati (wali kota) mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan (IUP).

“Di Papua, sejak zaman gubernur Barnabas Suebu, menterjemahkan aturan salah. Dibuat seakan-akan kewenangan di gubernur. Kewenangan di gubernur baru ada sejak diberlakukannya UU nomor 23 tahun 2014. Ini yang sedang dimainkan Dinas ESDM,” ucapnya.

Selain itu lanjut dia, Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo juga perlu tahu, kalau peraturan gubernur nomor 41 tahun 2011 telah dibatalkan Menteri Dalam Negeri, sehingga tak ada lagi aturan hukum terkait penambangan. (Arjuna P/ Redaksi)

Advertisement