Legislator: Hentikan Diskriminasi Terhadap Mahasiswa Papua

Legislator: Hentikan Diskriminasi Terhadap Mahasiswa Papua

Legislator Papua, Emus Gwijangge

Metro Merauke – Legislator Papua, Emus Gwijangge meminta pihak di luar Papua menghentikan diskriminasi terhadap mahasiswa Papua kuliah di wilayahnya.

Anggota komisi bidang politik, hukum, dan HAM DPR Papua itu mengatakan, diskriminasi terhadap mahasiswa Papua yang kuliah di luar Papua, bukan hal baru. Kasus serupa sudah berulang kali terjadi di berbagai provinsi. Bahkan tak jarang berujung kekerasan.

“Saya prihatin dengan kejadian-kejadian seperti itu. Sebagai sesama anak bangsa, tidak semestinya saling mendiskriminasi. Pelaku bukan hanya masyarakat sipil, ormas, juga terkadang aparat pemerintah dan keamanan,” kata Emus, Selasa (24/07).

Menurutnya, masyarakat asli Papua sendiri selalu terbuka menerima mereka yang datang dari luar Papua. Namun mengapa mahasiswa Papua terkesan tak diterima di luar Papua.

Ia meminta pemerintah pusat memberikan jaminan keamanan kepada mahasiswa Papua yang kini kuliah di provinsi lain, karena mereka adalah aset Papua, orang Papua dan Bangsa Indonesia sendiri.

Politikus Partai Demokrat itu tidak ingin terkesan ada pihak yang dianak emaskan dan dianak tirikan di negara ini.

“Mahasiswa Papua di luar Papua selalu dilihat dari sisi negatif saat melakukan aktivitas. Negara inikan, negara hukum pelaku harus ditangkap dan diproses hukum,” ujarnya.

Katanya jika pemerintah daerah, masyarakat atau kelompok tertentu di wilayah yang menjadi kota studi mahasiswa Papua tak suka keberadaan anak Papua di daerah mereka, sebaiknya para generasi muda Papua itu dikembalikan.

“Pemerintah pusat harus memberikan perlindungan dan menjamin keamanan mahasiswa Papua di luar Papua,” ucapnya. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement