Dana Desa Harus Diaudit

Dana Desa Harus Diaudit

Pertemuan DPRD Merauke mendengar laporan pansus | LKF

Metro Merauke – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Agus Ardiles meminta agar dana desa yang dikucurkan ke kampung-kampung dalam beberapa tahun terakhir, harus diaudit Inspektorat setempat.

“Kepala kampung dipanggil dan dimintai pertanggungjawaban sehubungan dengan penggunaan dana desa. Karena dari laporan masyarakat, terjadi dugaan penyalahgunaan,” ungkap Ardiles dalam pertemuan di ruang rapat dewan Selasa (24/7).

Dikatakan, audit dana desa, harus dilakukan secara menyeluruh. Sehingga dapat diketahui apakah penggunaan tepat sasaran atau tidak.

Ketua Pansus Dana Desa DPRD Merauke, Heribertus Silubun meminta kepada dewan yang memiliki data tentang dugaan penyalahgunaan dana desa, dilaporkan sekaligus ditindaklanjuti.

“Kita akan merekomendasikan kepada Inspektorat untuk melakukan audit. Karena dari temuan tim di beberapa kampung, ada dugaan penyalahgunaan dana,” tegasnya.

Bahkan, lanjut Heribertus, ada kepala kampung membuat program kerja sendiri. Padahal, telah disepakati bersama seluruh masyarakat. (LKF)

Advertisement