Sembilan Napi PNG Ikut Kabur dari Lapas Narkotika Doyo

Sembilan Napi PNG Ikut Kabur dari Lapas Narkotika Doyo

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal

Metro Merauke – Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal mengatakan, sembilan di antara 31 narapidana (napi) yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru di Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (22/07) siang, merupakan warga negara Papua Nugini (PNG).

Menurutnya, kaburnya kesembilan warga PNG itu akan menjadi perhatian aparat keamanan yang berjaga di wilayah perbatasan Papua (Indonesia) dengan PNG, untuk memperketat pengamanan di batas kedua negara.

Katanya, Polres Jayapura telah mengerahkan Tim Elang untuk membantu pihak lapas mengejar para napi, yang kabur dengan cara menjebol dinding dan jeruji besi di ruang tahanan cenderawasih.

“Kepolisian sudah mengantongi nama-nama narapidana yang kabur dan belum ditemukan. Sudah dibuat daftar pencarian orang (DPO),” kata Kombes Pol Kamal, Senin (23/07).

Pihak kepolisian mengingatkan para napi yang belum ditemukan, agar segera menyerahkan diri kembali kepada aparat keamanan.

Sementara Kapolres Jayapura, AKBP Victor Mackbon mengatakan, enam di antara 31 napi yang kabur telah tertangkap di sekitar Doyo dan Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Polresta Jayapura menurutnya, mengerahkan 30 personil yang menyebar ke beberapa wilayah di antaranya perbatasan, Bandara Udara Sentani, dan Pelabuhan Jayapura untuk membantu petugas lapas melakukan pencarian para napi yang belum tertangkap. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement