1011 Personel Gabungan Amankan Pilkada Paniai

1011 Personel Gabungan Amankan Pilkada Paniai

Ilustrasi anggota Polda Papua

Metro Merauke – Sebanyak 1011 personel gabungan Polri, TNI dan lima pejabat tinggi Polda Papua dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Paniai, Papua, 25 Juli 2018.

“Sekarang pasukan pengamanan sudah berada di Paniai. Kami siap mengamankan proses demokrasi yang akan berlangsung di Paniai,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal, Senin (23/07).

Menurutnya, Pilkada Paniai mestinya dilaksanakan, 27 Juni 2018, bersamaan dengan pilkada daerah lain di seluruh Indonesia. Namun lantaran ketika itu ada perbedaan pandangan antara KPU dan Panwaslu Paniai terkait penetapan pasangan calon, sehingga pelaksanaan Pilkada Paniai ditunda.

KPU Papua kemudian mengambil alih tahapan dan menjadwalkan ulang pelaksanaan Pilkada Paniai, 25 Juli 2018.

“Kami mengingatkan KPU dan Bawaslu bersikap independen dalam menjalankan tugasnya. Pihak keamanan juga harus tetap netral,” ujarnya.

Kepolisian juga mengingatkan pasangan calon tidak mengerahkan massa ketika ada masalah dalam pelaksanaan pilkda. Kata Kombes Pol Kamal, jika ada masalah sebaiknya dilaporkan ke Panwaslu atau penegakan hukum terpadu (Gakumdu).

Selain itu masyarakat diharapkan mendukung proses pilkada demi terciptanya demokrasi yang bermartabat. Begitu juga bakal pasangan calon (paslon) yang dinyatakan tidak lolos, harus berbesar hati.

“Masih ada kesempatan lima tahun mendatang. Kami berharap mereka dapat mendukung pelaksanaan pilkada agar terselengara dengan baik,” ucapnya. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement