Legislator Papua: Bantuan Kapal Nelayan Jangan Melalui Dinas

Legislator Papua: Bantuan Kapal Nelayan Jangan Melalui Dinas

Legislator Papua dari kursi pengangkatan, John NR Gobai (kanan)

Metro Merauke – Salah satu Legislator Papua dari 14 kursi pengangkatan, John NR Gobai ingin pada masa mendatang, bantuan kapal untuk nelayan di Papua dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tidak lagi disalurkan melalui dinas terkait di kabupaten (kota), namun langsung kepada kelompok nelayan penerima.

“Jangan diserahkan kepada dinas, karena tidak menutup kemungkinan ada oknum di dinas yang bermain, sehingga bantuan tidak tepat sasaran,” kata Gobai, Minggu (22/07).

Menurutnya, tak hanya tidak tepat sasaran, diduga juga banyak bantuan kapal tidak tersalurkan, karena penyalurannya bermasalah, sehingga aset tersebut tinggal begitu saja hingga tak dapat lagi difungsikan.

Katanya, situasi itu juga diduga disebabkan karena dinas terkait tak mampu melakukan pengelolaan dengan baik dan terkesan ada pembiaran.

“Sinkronisasi antara pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten (kota) tak berjalan baik. Imbasnya pada kelompok masyarakat (nelayan) penerima bantuan,” ucapnya.

Ia mencontohkan, di salah satu kabupaten di Papua ada bantuan kapal untuk kelompok nelayan yang tak tersalurkan. Ketika pihaknya menanyakan hal itu, dinas terkait menyatakan itu merupakan kewenangan pemerintah pusat (KKP).

Namun saat dikonfirmasi ke kementerian terkait, pihak kementerian menyebut telah melimpahkan kewenangan ke pemerintah daerah.

“Nah, hal ini yang membingungkan. Berarti tak ada koordinasi yang baik antara kedua pihak,” ujarnya. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement