Ketika ‘Putri’ Memikat Perhatian Banyak Orang

Ketika ‘Putri’ Memikat Perhatian Banyak Orang

Seekor babi yang sedang digendong tuannnya sebelum naik ke pesawat | LKF

Metro Merauke – Bis Polres Merauke menjemput 29 pengungsi Nduga dari tempat penampungan di Panti Asuhan Kartini-Jalan Parakomando sebanyak dua kali.

Pada trip penjemputan pertama, sejumlah awak media telah stand-bay di area pintu masuk mes Lanud Merauke di Bandara Mopah yang menjadi tempat melapor penumpang untuk siap naik ke Pesawat Hercules.

Disela-sela  kala penumpang turun, awak media mencari sesuatu yang dianggap unik  diabadikan. Namun, ternyata pada trip kedua baru dibawa.

Rupanya yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Begitu turun dari bis, beramai-ramai awak media mengabadikan gambar seorang ibu membawa seekor anak babi  berwarna putih mulus yang diberi nama ‘Putri’.

Uniknya lagi, babi tersebut dimasukan dalam noken. Setelah satu persatu barang bawaan dipindahkan, akhirnya pemilik seekor babi ,Fince Tabuni bicara.

Fince Tabuni sedang meletakan kembali seekor babi ke dalam noken | LKF

“Saya beli babi ini di Nduga. Beberapa minggu kemudian, ada kasus disana. Sehingga kami sekeluarga harus mengungsi dan membawa juga dengan ‘Putri,” katanya.

“Setelah dari tempat pengungsian di Nduga, kami dipindahkan  ke Asmat. Beberapa hari kemudian, dengan menggunakan Kapal Tatamilau, kami ke Merauke dan ‘Putri’ tetap dibawa terus. Karena selalu digedong dan diisi dalam noken,” tuturnya.

Dikatakan, usia babi tersebut, baru satu stengah bulan. Sehingga setiap hari hanya  diberikan susu jenis milo. “Nanti beberapa bulan kedepan baru makan nasi,” katanya.

Lalu, katanya, setiap hari dimandikan  shampo. Sehingga kelihatan putih dan bersih. “Saya akan jaga dan rawat dengan baik babi berjenis kelamin betina ini. Karena menjadi bibit untuk beranak di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Dia juga mengaku, setiap malam, ‘Putri’ tidak tidur sembarangan. Tetapi disiapkan noken dan dialas dari bawa dengan bantal. Sehingga bisa tidur dengan tenang.

“Kalau pagi-pagi dikeluarkan dan digendong dan selalu membaur dengan siapa saja di sekitar,” tuturnya. (LKF)

Advertisement