Besok, KPU Merauke Umumkan Kelengkapan Berkas Bakal Caleg

Besok, KPU Merauke Umumkan Kelengkapan Berkas Bakal Caleg

Gregorius Rahardjo, anggota KPU berikan keterangan pers | LKF

Metro Merauke- Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, Gregorius Rahardjo mengungkapkan, 16 partai politik, telah mendaftar sekaligus diberikan tanda terima. Dengan demikian, syarat pencalonan telah terpenuhi. Demikian disampaikan Gregorius kepada sejumlah wartawan Jumat (20/7).

“Hari ini juga, proses verifikasi berkas bakal caleg diselesaikan. Selanjutnya akan diumumkan secara resmi besok pagi,” katanya.

Tujuannya, demikian Gregorius, agar  dapat diketahui apakah berkas bakal caleg lengkap atau tidak. Jika belum, harus dilengkapi dan dikembalikan sesuai jadwal yang ditentukan yakni mulai tanggal 22-31 Juli 2018.

“Teman-teman di kelompok kerja (Pokja) masih mengola dan melihat kembali berkas mulai dari foto copy ijazah, SKCK surat keterangan kesehatan dan lain-lain. Siang tadi dirampungkan dan besok sudah disampaikan ke masing-masing parpol,” katanya.

Dijelaskan, jumlah bakal caleg yang mendaftar 441 orang. Seharusnya 480 orang, namun karena ada beberapa parpol tak mengusung caleg sampai 30 orang, sehingga jumlahnya berkurang. “Bagi kami, tidak masalah kalau bakal caleg dari parpol berkurang. Asalkan jangan lebih, karena pendaftaran telah ditutup sejak 17 Juli 2018 lalu,” katanya.

Ditanya apakah dari jumlah yang ada, kemungkinan berkurang lagi, Gregorius menambahkan, kembali kepada parpol masing-masing.

“Apakah mereka melengkapi berkas nanti jika ada kekurangan setelah dikembalikan KPU besok,”ujarnya. (LKF)

Advertisement