Daftar Bacaleg ke KPU, PSI Merauke Raih Predikat ‘Sah’

Daftar Bacaleg ke KPU, PSI Merauke Raih Predikat ‘Sah’

Keterangan foto: Jerry Omona, Ketua DPD PSI Merauke saat menerima Tanda Terima Penerimaan dan Penelitian Kelengkapan serta Keabsahan persyaratan dari Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah, di Kantor KPU Merauke, Papua, Selasa (17/7).

Metro Merauke – Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Merauke, Papua, resmi mendaftarkan 30 Bakal Calon Legislatif mereka ke Komisi Pemilihan Umum Daerah Merauke, Selasa (17/7). PSI Merauke menyabet predikat ‘Sah’ usai menyetor nama bakal calon rakyat tersebut.

“Puji Tuhan, semuanya berjalan lancar, tidak ada halangan,” kata Jerry Omona, Ketua Dewan Pimpinan Daerah PSI Merauke, Selasa sore.

Baginya, tahapan pendaftaran Bacaleg merupakan proses penting dalam jadwal penyelanggaraan pemilihan umum tahun 2019. Untuk itu, PSI Merauke sangat mewanti Bakal Caleg agar menuntaskan berkas persyaratan tepat waktu, tanpa kekurangan dan rapih. “Memang ada beberapa kekurangan, tapi informasi tersebut baru kami peroleh dari KPU siang tadi, bukan kesengajaan. Besok, akan diselesaikan itu,” ujarnya.

Jerry Omona memastikan Bakal Caleg PSI adalah figur-figur yang taat hukum, jauh dari tindakan korup, apalagi tersandung kasus kriminal. “Calon kami adalah perorangan yang lepas dari kasus hukum, sehingga masyarakat pemilih tak perlu khawatir memilih mereka,” tambahnya.

Lulusan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Indonesia itu menjelaskan, dari hasil penelitian kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan di KPU, PSI Merauke disebut lolos diantaranya setelah menyertakan salinan Keputusan Pimpinan Partai Politik tingkat Propinsi untuk kepengurusan Partai Politik tingkat kabupaten. “Ada juga poin lain, misalnya daftar Bakal Caleg yang termuat dalam Model B1 DPRD Kabupaten per Daerah Pemilihan, semuanya sesuai dengan ketentuan,” paparnya.

Usai mendaftar, PSI Merauke akan memasukkan berkas kurang diantara tanggal 22 hingga 31 Juli 2019 pada saat perbaikan daftar calon. “Akan kita rapihkan semuanya,” tutupnya.

PSI Merauke adalah peserta kelima yang tiba di KPU setelah empat partai lain mendaftar mulai 16 sampai 17 Juli sore. Di hari terakhir ini, belasan parpol berjubel antri hingga tengah malam nanti. Jumlah Parpol yang bakal mendaftar Bacalegnya sebanyak 16 partai. Usai PSI, di urutan berikut yang masuk adalah Partai Amanat Nasional.

Setelah mendaftar, KPU akan memberikan Tanda Terima Penerimaan dan Penelitian Kelengkapan dan Keabsahan pada parpol. Jikalau dokumen syarat tersebut dinyatakan tidak lengkap, maka parpol akan diminta untuk merampungkannya. Tanda Terima merupakan bagian dari Model TT.Pd DPRD Kabupaten sesuai ketentuan yang berlaku.

Dari pantauan di lokasi Kantor KPU Merauke, nampak puluhan personil kepolisian berjaga. KPU yang seminggu lalu sepi, kali ini begitu ramai. Terlihat dari jumlah kendaraan roda empat yang diparkir hingga di tepi badan jalan raya. (Nuryani)

Advertisement