Dua Titik Pengeboran Sumur Dilakukan di Kampung Sarsang

Dua Titik Pengeboran Sumur Dilakukan di Kampung Sarsang

Foto bersama donator dan masyarakat di Kampung Sarsang | LKF

Metro Merauke- Dua titik pengeboran sumur di lakukan di Kampung Sarsang, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke. Pengeboran sumur tersebut, setelah adanya dukungan dana dari para pekerja sosial di Belanda.

Bahkan, empat orang warga Belanda yakni Richard Van Step, Frank de Ron, Corni Grinwis, Jan Van Gastel serta Vrienden  Van Bokki rela datang dari negara asalnya ke Merauke untuk bersama masyarakat setempat menyelesaikan pekerjaan pengeboran serta pemasangan instalasi  dan lain-lain, agar air masuk ke perumahan penduduk.

Bruder Johny Kilok, MTB sebagai penerjemah kepada sejumlah wartawan di Kampung Sarsang Senin (16/7) mengatakan,  keempat orang itu mempunyai jaringan bersama para bruder MTB di di Belanda.

“Setahun silam, saya juga ke Belanda dan menyampaikan berbagai persoalan maupun kekurangan yang dialami serta dirasakan masyarakat di kampung-kampung di Kabupaten Merauke. Salah satunya adalah menyangkut kesulitan rakyat kecil mendapatkan air bersih,” ungkapnya.

Dari situ, demikian Bruder Johny, langsung diresponi dengan positif. Sehingga mereka rela terbang jauh-jauh dari negara asal untuk melihat kondisi sesungguhnya yang dialami dan dirasakan masyarakat.

“Saya merasa bangga karena mereka terlibat langsung bersama warga di Kampung Sarsang melakukan pengeboran sumur serta pemasangan tower manara yang berfungsi memompa air,” ujarnya.

Ditanya besarnya dana pengerjaan dua sumur dimaksud, Bruder Johny mengaku Rp 120 juta. Itu murni bantuan dari donatur Belanda.

Bruder Johny mengaku, dalam minggu ini juga, kedua sumur bor dapat berfungsi dan air sudah mengalir ke rumah penduduk. “Ya, nantinya bisa untuk mencuci dan mandi, juga dapat dilakukan penyulingan menjadi air bersih dan dapat digunakan minum atau memasak,” katanya.

Ditambahkan, para donatur dari Belanda,  telah melakukan pelayanan dalam bidang kesehatan maupun pendidikan serta pembangunan perumahan di sejumlah negara.

“Kalau di Indonesia, baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Merauke, tepatnya di Kampung Sarsang,” katanya.  (LKF)

Advertisement