Fakta Terkini Formasi CPNS 2018 yang Ditetapkan Pekan Depan, Ada Jalur Khusus!

Fakta Terkini Formasi CPNS 2018 yang Ditetapkan Pekan Depan, Ada Jalur Khusus!

Ilustrasi pegawai Negeri Sipil | Dok. Setkab

Metro Merauke – Pemerintah segera menetapkan formasi untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan ditetapkan pekan depan. Dijadwalkan pembukaan seleksi CPNS 2018 akan dibuka akhir bulan ini.

Bagi masyarakat yang ingin menjadi PNS bisa segera menyiapkan diri sebelum pengumuman dimulai. Salah satunya mencari banyak informasi seleksi CPNS 2018, di mana ternyata ada jalur khusus yang disiapkan pemerintah.

Untuk membantu melengkapi informasi seleksi CPNS 2018, Okezone merangkum sejumlah fakta-fakta penting terkait.

Pertama, mekanisme pendaftaran dan seleksi lewat satu jalur

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto mengatakan, ada yang berbeda pada pembukaan seleak CPNS 2018 pada tahun ini. Perubahan yang dimaksud adalah pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi. Maksudnya adalah, seluruh pendaftaran dan seleksi CPNS benar benar akan dikelola melalui satu website yang dikelola oleh BKN yakni www.sscn.bkn.go.id.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kecuranga-kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan CPNS 2018 tahun ini.

Kedua, ada jalur khusus yang disiapkan untuk penerimaan PNS tahun ini.

Pemerintah berencana memberikan kuota khusus calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi diaspora Indonesia. Tahun ini diaspora menjadi salah satu jalur khusus dalam penerimaan CPNS. Pada seleksi CPNS sebelumnya, jalur khusus ditujukan kepada putra/putri Papua/Papua Barat, disabilitas, cumlaude, dan atlet.

“Rekrutmen tahun ini akan lebih bervariasi. Pemerintah akan membuka formasi untuk anak bangsa yang berkarier di luar negeri, yakni para diaspora,” tandas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Re formasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur di Jakarta.

Asman mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian terkait dengan formasi khusus ini. Kemenpan-RB juga masih berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri sehingga jumlah kuota yang akan diberikan belum diputuskan.

“Belum kita tetapkan. Kita lagi minta data ke Kementerian Luar Negeri. Ada yang berminat atau tidak. Gaji PNS jika dibandingkan di luar negeri belum tentu tertarik,” ujarnya.

Ketiga, seleksi penerimaan CPSN 2018 dimulai akhir Juli.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) memberi bocoran mengenai kapan pengumuman pembukaan pendafataran CPNS dilakukan. Dirinya menargetkan pengumuman formasi dan pendaftaran CPNS bisa dilakukan dalam waktu dekat sebelum akhir tahun. Bahkan dirinya berharap agar pengumuman pembukaan CPNS 2018 bisa dilakukan pada akhir bulan Juli 2018. Oleh karenanya, dirinya berharap agar masyarakat bersabar dan menunggu tanggal resminya kapan pendaftaran CPNS bisa dilakukan.

Keempat, selain jalur khusus penerimaan, formasi CPNS 2018 diprioritaskan untuk guru.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, khusus guru memang disipakan kuota khusus diluar kuota penerimaan CPNS 2018.

Setidaknya pihaknya membuka sekitar 100.000 untuk tenaga pengajar alias guru pada pembukaan CPNS 2018 ini. Menurut Asman, usulan tersebut bahkan sudah diajukan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Saat ini usulan tersebut hanya tinggal menunggu dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo sebelum nantinya benar-benar disetujui dan ditetapkan. (Feb)

Sumber: Okezone

Advertisement

1 komentar