Puluhan Warga PNG Ditangkap di Pantai Lampu Satu

Puluhan Warga PNG Ditangkap di Pantai Lampu Satu

Warga PNG di Kantor Imigrasi Merauke | LKF

Metro Merauke – Petugas Imigrasi Kabupaten Merauke menangkap 28 warga Papua Nugini di Pantai Lampu Satu, Kelurahan Samkai. Penangkapan dilakukan Rabu 11 Juli 2018 sekitar pukul 12.30 Wit.

Dari reles Kepala Imigrasi Kabupaten Merauke, Murdo Danang Laksono yang diterima Metro Merauke Kamis (12/7) dijelaskan,  pada hari tersebut, petugas imigrasi di perbatasan Kondo, Florentinus Keit memberikan informasi tentang keberadaan puluhan warga PNG  di Pantai Lampu Satu.

Dari informasi tersebut, katanya, petugas melakukan pengecekan di lapangan dan benar ada warga PNG. Mereka masuk tidak melalui pemeriksaan oleh pejabat imigrasi di tempat pemeriksaan.

Warga PNG itu, katanya, diduga melanggar Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian. Dimana pada pasal 8 ayat (1) dikatakan, setiap orang masuk atau keluar wilayah Indonesia, wajib memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku.

Selanjutnya pasal 9 ayat (1) jo pasal 113 menjelaskan, setiap orang yang dengan sengaja masuk atau keluar wilayah Indonesia, wajib melalui pemeriksaan yang dilakukan pejabat imigrasi di tempat pemeriksaan imigrasi.

Akibat perbuatan itu, tulis Murdo, warga PNG dikenakan tindakan administrasi  keimigrasian berupa keharusan bertempat tinggal di suatu tempat tertentu di wilayah Indonesia sesuai pasal 83 ayat (1) tentang penempatan pada ruang detensi imigrasi kepada orang asing yang berada di wilayah Indonesia, tanpa memiliki dokumen perjalanan serta izin tinggal sah. (LKF)

Advertisement