PT Pelindo Merauke Ingatkan Perusahan tak Menumpuk Barang di Pelabuhan

PT Pelindo Merauke Ingatkan Perusahan tak Menumpuk Barang di Pelabuhan

Tumpukan kontainer di dalam area Pelabuhan Merauke | LKF

Metro Merauke – PT Pelindo Cabang Merauke mengingatkan kepada perusahan agar tak menumpuk barang dalam kontainer di pelabuhan dalam waktu lama. Karena kapasitas penumpukan kontainer sangat terbatas.

Demikian disampaikan Manager Operasi PT Pelindo Cabang Merauke, Silas Warfandu di kantornya Rabu (11/7).  Dikatakan, barang yang menumpuk paling lama adalah material seperti batu, kerikil, besi yang didatangkan dari luar daerah untuk kegiatan pembangunan.

“Berulang kali kami mengingatkan kepada ekspedisi maupun pengusaha yang mempunyai barang dalam kontainer, agar segera dibongkar dan dibawa keluar,” ungkapnya.

Hanya saja, jelas Silas, jawaban pengusaha kalau mereka belum memiliki gudang penyimpanan. “Memang paling lama barang material berada dalam kontainer di areal pelabuhan hingga 21 hari,” ujarnya.

Sedangkan sejumlah kebutuhan pokok, katanya, hanya beberapa hari. Selanjutnya dibongkar dan dibawa ke gudang milik pengusaha.

Ditambahkan, pelabuhan bukan tempat penumpukan barang. Itu hanya sementara waktu. Sehingga komponen terkait, harus memperhatikan.

“Jika dibandingkan dengan daerah lain, hanya tiga hari kontainer di pelabuhan. Selanjutnya dibongkar dan dibawa keluar. Berbeda dengan barang disini, memakan waktu hingga berminggu-minggu,” katanya. (LKF)

Advertisement