Mahasiswa Papua Butuh Jaminan Keamanan dari Negara

Mahasiswa Papua Butuh Jaminan Keamanan dari Negara

Legislator Papua, Laurenzus Kadepa

Metro Merauke – Legislator Papua, Laurenzus Kadepa menyatakan, mahasiswa Papua yang mengenyam pendidikan di kota studi di luar Papua butuh jaminan keamanan dari negara.

Menurut anggota komisi bidang politik, hukum dan HAM DPR Papua itu, kini mahasiswa Papua di sejumlah kota studi di Indonesia di antaranya, Subaraya, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Makassar, dan Sulawesi Utara selalu mendapat intimidasi bahkan kekerasan.

Katanya, selalu saja ada kelompok masyarakat di beberapa kota studi di Indonesia yang memandang mahasiswa Papua dari sisi negatif, yang berujung intimidasi dan kekerasan kepada mahasiswa Papua yang ada di wilayah mereka.

“Saya pikir tidak bisa meminta jaminan keamanan mahasiswa Papua kepada gubernur dan kapolda, tapi kepada negara. Kalau dibiarkan, berarti negara tak menjamin keamanan warganya.,” kata Kadepa, Selasa (10/09).

Ia mengatakan, para pejabat negara harus memperjelas ini, karena sudah berulang kali kekerasan dan intimidasi dialami mahasiswa Papua di berbagai kota studi.

“Saya tidak tahu kenapa begitu, perlu diperjelas. Saya minta negara memperjelas status mahasiswa Papua di kota studi di luar Papua. Kalau mahasiswa Papua dicap pemabuk, anarkis, kan tidak semua.,” ujarnya.

Ketika datang ke Yogyakarta saat mahasiswa Papua di wilayah itu mengalami masalah beberapa tahun lalu, Kadepa yang bertemu Sultan Hamengkubuwono X kala itu berpesan agar yang bersangkutan menjaga mahasiswa Papua di Yogyakarta, karena orang Papua tak pernah mengganggu masyarakat Yogyakarta yang ada di Papua.

Selain itu kata Kadepa, Pemprov Papua juga perlu mengambil sikap jika mahasiswa Papua di luar Papua terus mendapat intimidasi dan kekerasan, dengan mengembalikan semua mahasiswa dari berbagai kota studi. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement