Soal Pungli di PN Merauke, Kapolres: Saya Belum Tahu Persis

Soal Pungli di PN Merauke, Kapolres: Saya Belum Tahu Persis

Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung | LKF

Metro Merauke – Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bahara Marpaung mengaku, pihaknya belum mengetahui apakah ada pungutan liar (pungli) atau tidak di Pengadilan Negeri (PN) setempat.

“Saya belum tahu apakah ada pungli atau tidak. Karena sampai hari ini belum ada yang melapor. Jika ada laporan,  kepolisian segera melakukan penyelidikan,” ungkap Kapolres kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya Senin (9/7).

Kapolres kembali berargumentasi, jika ada pungli, siapa yang melakukan dan modus operandinya seperti apa? “Tetapi saya berterimakasih kepada rekan-rekan wartawan yang memberikan informasi ini dan akan dilakukan pengecekan,” katanya.

Ditanya jika pungli itu atas kebijakan Ketua PN Merauke, Orpa Marthina,  Kapolres enggan berkomentar. “Saya lihat dulu baru bisa menyimpulkan sesuai fakta- data maupun keterangan akurat,” ungkapnya.

Setelah itu, katanya, dilakukan evaluasi. Lalu disimpulkan apakah memenuhi unsur pidana atau tidak.

Ditambahkan, jika orang sering mengatakan pemberian untuk mempercepat suatu urusan surat menyurat, kepolisian tak perlu menunggu laporan dari pihak lain.  “Kita langsung melakukan proses penyelidikan,” ujarnya.  (LKF)

Advertisement