KPU Merauke akan Lakukan Pemutakhiran Data

KPU Merauke akan Lakukan Pemutakhiran Data

Kantor KPU Merauke | LKF

Metro Merauke – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke akan melakukan pemutakhiran data kembali untuk daftar pemilih sementara (DPS) yang dijadikan acuan untuk pelaksanaan pemilihan presiden (pilres) serta calon legislatif (caleg) tahun depan.

“Memang dari laporan yang kami terima, banyak warga belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) saat pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) beberapa waktu lalu,” ungkap anggota KPU Merauke, Aryadi kepada wartawan di kantornya Rabu (4/7).

Dikatakan, jumlah DPT yang terdaftar saat Pilgub adalah 134.000 orang. Jumlah tersebut mengalami penambahan dari sebelumnya 130.000 pemilih.

Lebih lanjut Aryadi menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan pemutakhiran kembali data. Juga bekerjasama dengan partai politik (parpol) agar dapat melakukan pengecekan NIK maupun KK dari warga.

“Itu dengan tujuan  mengetahui apakah mereka sudah terdaftar dalam DPT atau belum.  Jika belum akan didatakan kembali, sehingga dapat mengikuti pesta demokrasi tahun depan,” katanya.

Ditambahkan, jumlah pemilih pemula dipastikan bertambah lebih banyak. Olehnya, perlu kesadaran dari semua orang untuk mencari tahu sekaligus dimasukan dalam DPT.  (LKF)

Advertisement