Piala Dunia 2018 Berpotensi Pecahkan Rekor Gol Bunuh Diri

Piala Dunia 2018 Berpotensi Pecahkan Rekor Gol Bunuh Diri

Pertandingan antara Senegal dan Polandia diwarnai satu gol bunuh diri | REUTERS/Grigory Dukor

Metro Merauke – Sebuah rekor tercipta di Piala Dunia 2018 di match day pertama setelah lima gol bunuh diri dalam 17 laga yang sudah dijalani.

Catatan gol bunuh diri di Rusia 2018 sudah menyamai perhelatan Piala Dunia 2014 secara keseluruhan atau hanya kurang satu dari Piala Dunia 1998 yang mencatatkan gol bunuh diri terbanyak.

Pencetak gol bunuh diri pertama di Piala Dunia 2018 adalah Aziz Bouhaddouz. Penyerang Maroko yang masuk sebagai pemain pengganti justru mencetak gol ke gawang sendiri dalam laga menghadapi Iran. Gol Bouhaddouz sekaligus memastikan kekalahan Maroko 0-1. Bouhaddouz tercatat sebagai gol bunuh diri paling telat di pertandingan dalam waktu normal.

Sedangkan gol bunuh diri kedua yang terjadi di Rusia dilakukan pemain bertahan Australia, Aziz Behich, ketika menghadapi Prancis. Untuk urusan gol bunuh diri, Les Bleus tercatat sebagai tim yang paling diuntungkan. Tercatat ada lima gol bunuh diri yang terhitung menjadi gol Prancis di Piala Dunia.

Oghenekaro Etebo menambah daftar pencetak gol bunuh diri setelah membobol gawang rekannya, Francis Uzoho, dalam laga Nigeria melawan Kroasia.

Dua pertandingan yang berlangsung 19 Juni waktu setempat menghasilkan dua gol bunuh diri. Gol di laga antara Polandia dan Senegal dibuka Thiago Cionek. Sementara Ahmed Fathi menjadi pencetak gol pertama di pertandingan antara Rusia dan Mesir. Kapten The Pharaoh itu menjadi pencetak gol bunuh diri ke-43 di Piala Dunia.

Seluruh kesebelasan yang menderita gol bunuh diri di Piala Dunia 2018 mengalami kekalahan.

Gol bunuh diri kerap terjadi di fase grup. Dari 43 gol yang terjadi di Piala Dunia, 36 di antaranya tercipta di babak penyisihan grup.

Pemain-pemain tenar seperti Marcelo, Carles Puyol, dan Sinisa Mihajlovic tercatat pernah membuat gol bunuh diri ketika tampil di turnamen sepak bola antarnegara terbesar di dunia. (har)

Daftar pencetak gol bunuh diri di Piala Dunia 2018:
Aziz Bouhaddouz (Maroko) / Maroko 0-1 Iran / 15 Juni 2018
Aziz Behich (Australia) / Prancis 2-1 Australia / 16 Juni 2018
Oghenekaro Etebo (Nigeria) / Kroasia 2-0 Nigeria / 17 Juni 2018
Thiago Cionek (Polandia) / Polandia 1-2 Senegal / 19 Juni 2018
Ahmed Fathi (Mesir) / Rusia 3-1 Mesir / 20 Juni 2018

Sumber: CNNIndonesia

Advertisement