Jelang Lebaran, Pedagang Janur Membludak

Jelang Lebaran, Pedagang Janur Membludak

Ilustrasi pedagang ketupat | Google

Metro Merauke – Sehari menjelang Lebaran, sejumlah pedagang janur dan kulit ketupat membludak disepanjang jalan Paulus Nafi hingga di dalam Pasar Wamanggu Merauke, Papua.

Mereka berjualan di trotoar, sambil menunggu pembeli para pedagang yang didominasi perempuan dengan terampil merajut janur kelapa muda menjadi ketupat.

Romiati (47) warga dari Wasur salah satunya, pedagang janur ini mengaku sudah mulai berjualan sejak pukul 05:00 WIT. “Sejak dua hari lalu hingga sehari menjelang Lebaran saya sudah mulai jualan janur dan kulit ketupat di dekat pasar,” ucapnya, Kamis (14/6).

Menurutnya, penjualan janur sehari jelang Lebaran kali ini laku pesat. Ia bahkan mampu mengantongi penghasilan hingga ratusan ribu rupiah. Sudah tiga tahun terakhir, dirinya memilih menjadi pedagang musiman berjualan janur atau kulit ketupat.

Romiati menjual kulit ketupat seharga Rp10.000 per 10 buah. Sedangkan untuk janur yang belum dianyam menjadi kulit ketupat, dijual Rp10 ribu per 15 lembar.

Ia mengaku penghasilan menjual janur dan kulit ketupat akan dipergunakan untuk membeli berbagai kebutuhan menyambut hari raya Idul Fitri. (Nuryani)

Advertisement