Antisipasi Lonjakan Sampah Hari Raya, Ini Upaya DHL Merauke

Antisipasi Lonjakan Sampah Hari Raya, Ini Upaya DHL Merauke

Ilustrasi bak-bak sampah | Google

Metro Merauke – Sejak memasuki bulan puasa, sampah yang dihasilkan masyarakat meningkat. Peningkatannya diatas 20 persen. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Harmini memastikan, pada hari raya Idul Fitri masih akan terjadi peningkatan volume sampah.

Dan untuk mengatasi peningkatan jumlah sampah di hari raya ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Merauke tetap menyiagakan petugas kebersihan. Hanya saja, di Hari Raya Idul Fitri 1439 H, petugas yang dikerahkan merupakan petugas non muslim sebanyak 45 orang.

“Ini dimaksudkan untuk menghargai petugas muslim agar dapat merayakan lebaran bersama keluarga,” ujar Harmini kepada Metro Merauke, Kamis (14/6).

Menurutnya, dengan kekuatan 45 petugas kebersihan dirasakan sangat kurang, namun pihaknya mengaku akan melakukan tugas pengangkutan sampah di kota Merauke dengan maksimal.

Khusus di hari raya, pengakutan sampah difokuskan dititik-titik keramaian. Semisal di areal pasar maupun di taman-taman. Sedangkan pengangkutan sampah bagi pelanggan rumah tangga baru kembali normal dilakukan mulai Senin (18/6).

“Kami mengimbau warga ikut mendukung dengan menjaga kebersihan, salah satunya dengan membuang sampah di TPS,” tukasnya. (Nuryani)

Advertisement