Bupati Mappi Komitmen Pembangunan Ramah Lingkungan

Bupati Mappi Komitmen Pembangunan Ramah Lingkungan

Bupati Mappi, Kristosimus Anggawemu bersama sejumlah wartawan | LKF

Metro Merauke – Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu komitmen membangun kabupaten yang dipimpinnya dengan ramah lingkungan.

Ia mengatakan, hal tersebut juga disampaikannya saat diundang mengikuti Konvensi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) terkait perubahan iklim dunia, 13 November 2017 di Jerman.

“Saya sampaikan itu dalam konvensi tersebut, karena itu juga sudah masuk dalam grand desain kota di Kabupaten Mappi yang dibangun dengan porsi ramah lingkungan,” katanya kepada wartawan di Kota Merauke, Kamis (24/05).

Jika tak ada halangan, Pemkab Mappi akan menggunakan tema “Mappi Kota Hijau” dengan maksud, kegiatan pembangunan yang dilakukan tidak membabat hutan secara keseluruhan, namun sesuai kebutuhan.

Katanya, jika separuh hutan telah digunakan, akan ditanam beberapa jenis pohon yang dapat menjaga keramahan lingkungan.

Terkait kedatangan kapal Rainbow Warrior beberapa waktu lalu di perairan Mappi kata Kristosimus, itu merupakan salah satu komitmennya ketika melakukan presentasi dalam Konvensi PBB di Jerman.

“Ini menjadi suatu catatan, pertama kalinya saya sebagai pejabat di Papua berkesempatan ikut dalam Konvensi PBB setelah mendapat undangan resmi,” ucapnya.

“Dalam forum besar seperti itu, mungkin saya yang pertama mewakili Papua, setelah mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu beberapa tahun silam.”

Dikatakan, Pemerintah Mappi berkomitmen tidak membuka ruang seluas-luasnya kepada investor untuk berinvestasi di wilayah pemerintahannya. Jika ada investor yang mau berinvestasi di Mappi, dipersilahkan berhubungan dengan masyarakat.

“Jika masyarakat telah membuka diri, baru pemerintah masuk memberikan gambaran dampak positif dan negatif dari kehadiran investor,” ujarnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement