Kapal Tenggelam di Muara Safan, Tiga ABK Hilang, Enam Selamat

Kapal Tenggelam di Muara Safan, Tiga ABK Hilang, Enam Selamat

Kasat Polairud Polres Merauke, AKP Sakka | LKF

Metro Merauke – Tiga anak buah kapal (ABK) dinyatakan hilang. Sedangkan enam ABK lain berhasil diselamatkan ketika Kapal Motor (KM) Ikhlas Jaya 02 milik Mulyadi sedang berlabu di muara Safan, setelah melakukan aktivitas pencarian ikan.

Kecelakaan laut itu terjadi pada Selasa (22/5) sekitar pukul 21.00 Wit. Tiga ABK yang hilang yakni Sewang, Ernanto serta Haris. Sedangkan enam lain yang berhasil selamat adalah Muhamad, Ical, Nurdin, Ali Usman, Sapri, Dirman dan Syahrul.

Kasat Polairud Polres Merauke, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sakka kepada sejumlah wartawan Rabu (23/5) menjelaskan, keenam ABK diselamatkan oleh KM Mina Maritim yang sedang melakukan aktivitas pencarian ikan juga. Sementara tiga lain, masih dalam pencarian setelah Tim Badan SAR Nasional bergerak ke lokasi kecelakaan.

Dikatakan, kapal tersebut berlayar dari Kumbe pada Minggu dengan tujuan ke beberapa tempat melakukan pencarian ikan. Saat tenggelam, tak ada aktivitas dan kesembilan ABK sedang istirahat.

Setelah datang gelombang besar, katanya, air laut  masuk ke dalam kapal. Sementara para ABK berusaha naik ke bagian atas kapal menyelamatkan diri. Namun tiga ABK tenggelam dan tak dapat
diselamatkan.

“Enam lainnya diselamatkan kapal lain setelah ada komunikasi melalui radio. Saat ini mereka sedang dalam perjalanan menuju Kota Merauke,” ungkapnya.

Nantinya, jelas Kasat, keenam ABK akan diperiksa untuk mengetahui sesungguhnya hingga kapal tenggelam di muara Safan.

“Kita belum tahu nasib tiga ABK yang tenggelam, karena masih dalam pencarian oleh tim dari Badan SAR Merauke,” tuturnya. (LKF)

Advertisement