Pt Nutfa Marind Papua Bayar Uang Tali Asih, Pemilik Ulayat Kembalikan Kunci Kantor

Pt Nutfa Marind Papua Bayar Uang Tali Asih, Pemilik Ulayat Kembalikan Kunci Kantor

Masyarakat pemilik ulayat dari Distrik Kaptel | LKF

Metro Merauke – Bupati Merauke, Frederikus Gebze telah melakukan pertemuan bersama masyarakat delapan marga dari Distrik Kaptel bersama PT Nutfa Marid-Papua serta Panitia Khusus (Panusus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat di Gedung Negara beberapa hari lalu.

Dari pertemuan tersebut, telah ada kesepakatan. Dimana, PT Nutfa Marind Papua membayar sejumlah uang tali asih kepada pemilik ulayat.

Sehingga kunci kantor yang diambil, dikembalikan dan lokasi perusahan yang dipalang, sudah dibuka dan beroperasi kembali.

Demikian disampaikan Ketua Pansus Tanah Ulayat, Nathaniel Paliting saat ditemui Metro Merauke Selasa (22/5). “Betul bahwa sudah ada pertemuan, setelah pansus memberikan tugas kepada Kepala Badan Penanaman Modal dan Investasi Daerah Merauke, Tjahyo Purnomo membangun komunikasi bersama Bupati Merauke,” katanya.

Jadi, lanjut Nathaniel, telah ada pertemuan dan diambil keputusan. “Pak Bupati Merauke memberikan enam point kepada perusahan,” kata dia tanpa menyebutkan sejumlah point itu.

Ditanya besarnya uang tali asih, Nathaniel enggan menyebutkan. Tetapi jelasnya sekitar 50 persen. Nanti sisanya akan diselesaikan Desember mendatang.

“Ya, karena telah ada kesepakatan dan pembayaran uang tali asih, sehingga kunci kantor perusahan dikembalikan pemilik ulayat dan aktivitas untuk pembukaan hutan tanaman industri tetap berjalan seperti biasa,” katanya. (LKF)

Advertisement