Gubernur IPDN Resmikan Rumah Yang Dibangun Praja di Asmat

Gubernur IPDN Resmikan Rumah Yang Dibangun Praja di Asmat

Gubernur IPDN menyerahkan kunci rumah kepada salah seorang warga Mbait, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Jumat (18/5) | Humas Pemkab Asmat/Eman

Metro Merauke – Gubernur Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Profesor Dr Ermaya Suradinata meresmikan rumah yang dibangun praja IPDN di Kampung Mbait, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, pada Jumat (18/5) sore.

“Ini rumah yang ke 61 yang dibangun oleh para Praja di seluruh Indoensia pada 2018,” kata Ermaya usai meresmikan rumah yang dibangun Praja IPDN di Asmat.

Ermaya mengatakan selama melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) pada 2018, Praja IPDN telah membangun 61 unit rumah sehat bagi masyarakat pada sejumlah daerah di Indonesia.

Pihaknya telah meresmikan puluhan rumah yang dibangun para Praja IPDN di Kabupaten Brebes, Bogor, Indramayu, termasuk di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Selatan.

Menurut Ermaya, program khusus pembangunan rumah oleh IPDN pada berbagai daerah merupakan bagian dari program pembangunan yang nyata dari Presiden Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

“Mendagri menugaskan saya selaku Gubernur IPDN untuk memberikan karya nyata, antara lain membangun rumah, seperti yang dilakukan para Praja saat PKL di Asmat ini,” katanya.

Ia menambahkan, karya nyata para praja IPDN selama melaksanakan PKL mau menunjukkan bahwa pemerintah hadir dalam kehidupan masyarakat.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung kehadiran Praja di sini. Mudah-mudahan nantinya ada anak-anak Asmat yang masuk IPDN,” ujarnya.

Bupati Asmat Elisa Kambu memberikan apresiasi kepada IPDN yang telah peduli terhadap masyarakat Asmat.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada IPDN,” kata Elisa Kambu.

Kambu mengatakan kehadiran Praja IPDN di Asmat dalam rangka melaksanakan praktek kerja lapangan selama sebulan telah memberikan inspirasi yang kuat bagi masyarakat setempat.

“Apa yang dilakukan oleh Praja juga memberikan inspirasi bagi anak-anak kami untuk tergerak masuk IPDN,” katanya.

Selain meresmikan rumah, Gubernur IPDN juga menyerahkan bantuan berupa buku dan tas kepada anak-anak sekolah dasar di Kampung Mbait.

Hadir pula Direktur IPDN Papua Ulmi Listianningsih, sejumlah pimpinan OPD, dan tokoh masyarakat.

Selama PKL di Asmat, para Praja IPDN melakukan penataan administrasi di tingkat kampung, mensosialisasikan Permendagri Nomor 47 dan membangun papan nama jalan. Selain itu mereka melakukan tugas khusus, yakni membangun rumah sehat bagi masyarakat. (*/adv)

Suber: Antara

Advertisement