Pemkab Merauke Siapkan Anggaran Penyaluran Rastra ke Kampung

Pemkab Merauke Siapkan Anggaran Penyaluran Rastra ke Kampung

Pertemuan di ruang rapat DPRD Merauke dengan sejumlah SKPD | LKF

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke bersedia menyiapkan anggaran untuk penyaluran  jatah beras sejahtera (rastra) para ASN, guru maupun tenaga medis dari distrik ke kampung.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke, Daniel Pauta kepada sejumlah wartawan Jumat (18/5). Dikatakan, pemerintah siap membantu anggaran pendistribuan rastra dari distrik ke kampung, namun harus dihitung dengan baik berapa biayanya.

Lalu, katanya, tentu perlu dikonsultasikan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke terlebih dahulu. Intinya, pemerintah siap membantu anggaran yang dibutuhkan.

Sekda mengaku, dalam beberapa bulan ini, ada permasalahan terhadap pendropingan rastra oleh PD Irian Bhakti yang ditunjuk Gubernur Papua. Namun, karena ada temuan, sehingga dilakukan dengan proses lelang.

“Saya tidak mengetahui siapa yang menjadi pemenang lelang untuk pendistribusian rastra tersebut,” ujarnya.

Oleh karena belum ada kepastian, demikian Sekda, pihaknya memanggil Kepala Bagian Pemerintahan Setda Merauke untuk dibicarakan kembali.

Lalu disepakati bisa menanggulangi dengan mengambil beras di Bulog, tetapi harus dibayar terlebih dahulu.

“Ya demi ASN maupun guru dan tenaga medis di distrik maupun kampung, kita membayar dan berasnya diambil lalu didistribusikan,” katanya.

Sekda berharap adanya kewenangan diberikan gubernur kepada bupati untuk menunjuk swasta menyalurkan rastra bagi ASN di distrik dan kampung. (LKF)

Advertisement