Investasi Tebu tak Jalan, Tjahyo: Saya Sudah Usulkan Ijinya Dicabut

Investasi Tebu tak Jalan, Tjahyo: Saya Sudah Usulkan Ijinya Dicabut

Sejumlah wartawan sedang wawancara Kepala Badan Penanaman Modal dan Investasi Kabupaten Merauke, Tjahyo Purnomo | LKF

Metro Merauke – Kepala Badan Penanaman Modal dan Investasi Kabupaten Merauke, Tjahyo Purnomo mengungkapkan, sejak bulan April lalu, pihaknya telah mengusulkan kepada Bupati Merauke, Frederikus Gebze agar investor yang telah mengurus izin untuk perkebunan tebu di cabut saja.

“Kenapa saya usulkan kepada Bapak Bupati Merauke  dicabut, lantaran setelah mengurus izin, sampai sekarang belum melakukan aktivitas di lokasi yang telah ditetapkan,” ungkap Tjahyo kepada Metro Merauke Rabu (16/5).

Dikatakan, kurang lebih terdapat 12 perusahan mengurus izin perkebunan tebu sejak beberapa tahun silam. Hanya saja, hingga sekarang tak ada aktivitas sama sekali. Lebih baik dialihkan ke perusahan lain yang mempunyai niat sungguh-sungguh untuk investasi.

Lebih lanjut Tjahyo menjelaskan, sampai hari ini terdapat 28 perusahan. Dari jumlah tersebut, hanya beberapa saja berjalan  yakni investasi kelapa sawit serta hutan tanaman industri.

“Memang lebih banyak yang tak melakukan investasi adalah perkebunan tebu. Padahal, izin operasi sudah keluar lama. Sesuai aturan, hanya diberikan waktu hingga dua tahun,” ujarnya.

Setelah itu, katanya, ada perpanjangan waktu 12 bulan lagi. Kalau tidak ada kegiatan, harus dikeluarkan izin operasional, karena tidak ada aktivitas.  (LKF)

Advertisement