Pencegahan Pelanggaran di TPS Harus Diminimalisir

Pencegahan Pelanggaran di TPS Harus Diminimalisir

Kegiatan Panwas Kabupaten Merauke yang dihadiri panwas dari 20 distrik | LKF

Metro Merauke – Kepala Divisi Hukum Panwas Kabupaten Merauke, Felix Tethol mengatakan, pencegahan pelanggaran di tempat pemungutan suara (TPS) saat pencoblosan maupun pemungutan suara, harus diminimalisir cepat.

Itu harus diantisipasi, karena bisa saja muncul  kecurangan.Misalnya orang mencoblos lebih dari satu kali, berpindah-pindah TPS serta menghalang-halangi  orang yang mempunyai hak pilih.

Hal itu disampaikan Tethol kepada sejumlah wartawan Senin (14/5). Menurutnya, untuk menyikapi ancaman tersebut jelang pelaksanan Pilgub Papua tanggal 27 Juni 2018 mendatang, pihaknya memberikan pembekalan kepada panwas di 20 distrik.

“Hari ini kami berikan pembekalan terhadap Panwas distrik berkaitan dengan sejumlah aturan, mengingat pelaksanaan pencoblosan sudah semakin dekat,” katanya.

Dengan memberikan pemahaman tentang aturan kepada panwas, katanya, agar ketika mereka melaksanakan tugas di TPS dan ditemukan pelanggaran, dapat mengambil langkah cepat.

Minimal, jelas dia, jika ada yang membuat pelanggaran, harus ada barang bukti maupun sejumlah saksi. Sehingga dapat diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Intinya yang dilaporkan memenuhi syarat formil maupun materil,” ungkapnya. (LKF)

Advertisement