Jokowi Kaget Nelayan Perempuan di Papua Bisa Tangkap Buaya

Jokowi Kaget Nelayan Perempuan di Papua Bisa Tangkap Buaya

Nelayan Perempuan Papua dan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta | Bayu S/Okezone

Metro Merauke – Presiden Joko Widodo menerima nelayan-nelayan dari seluruh Indonesia, pada Selasa (8/5). Ditemani Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Presiden Jokowi mendengarkan keluhan para nelayan.

Salah satu yang menyampaikan keluhan di depan Jokowi adalah Marince, nelayan perempuan asal Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua. Marince mengenalkan dirinya merupakan satu dari 2.000 nelayan tangkap ikan dan buaya yang ada di perairan Sungai Mamberamo. Dari 2.000 nelayan itu, 80 persen di antaranya merupakan kaum perempuan.

“Kami di sini mempunyai 2.000 nelayan yang hampir 80 persen nelayan perempuan, ya itu nelayan tangkap ikan dan nelayan tangkap buaya,” ungkap Marince di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/5).

Sontak, Jokowi tampak terkejut saat Marince bercerita dirinya merupakan seorang nelayan yang tak hanya menangkap ikan tetapi juga menangkap buaya di Sungai Memberamo.

“Jadi di Mamberamo tidak hanya nangkap ikan, tapi buaya juga? Bener? Serem juga. Ini dari Jayapura ke Mamberamo naik apa?” timpal Jokowi dengan penuh herannya.

“Bisa dengan pesawat seperti yang punya Bu Susi,” jawab Marince.

Seakan tak percaya, Jokowi pun meminta Marince untuk menunjukkannya bila ia sedang berkunjung ke Kabupaten Mamberamo, Papua. Marince pun menyanggupinya.

Mariance juga mengajak Jokowi dan Menteri Susi untuk melihat langsung masalah yang dihadapi dirinya dan nelayan-nelayan yang ada di daerahnya, salah satunya adalah masalah transportasi dan aksesibilitas untuk bisa menangkap ikan di tempat yang tinggi.

“Di sini ada satu masalah, kami nelayan air tawar di sungai, itu sungai terbesar di Papua. Saat air pasang, semua ikan akan naik ke tempat lebih tinggi. Saat air surut ikan jadi polusi terbesar di Papua, sekian banyak ton ikan menggelepar-menggelepar,” papar Marince.

Marince pun berharap Jokowi dan Menteri Susi bisa berkunjung ke daerahnya untuk melihat langsung masalah yang ada di sana sebelum masa jabatan sebagai Presiden Indonesia habis di 2019. Sambil bergurau, Jokowi akan mencari waktu untuk bisa berkunjung ke sana.

Presiden Jokowi Menerima Nelayan se-Indonesia di Istana Negara, Jakarta | Bayu S/Okezone

“Nanti saya akan carikan waktu, saya akan lihat danau yang ikannya banyak. Tapi kalau enggak ada ikannya awas. Sama di sana nangkap buaya, bisa? Saya ikut bisa? Saya mau nangkap buaya tapi dengan nelayan ibu-ibu loh ya, janjian ya. Nangkap buaya bisa ya?” ucap Jokowi.

“Bisa bapak,” jawab Marince yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua itu. (fid)

Sumber: Okezone

Advertisement