Petugas Amankan Belasan Kubik Kayu Ilegal di Dalam Taman Wasur

Petugas Amankan Belasan Kubik Kayu Ilegal di Dalam Taman Wasur

Petugas menemukan tumpukan kayu tak bertuan di dalam hutan lindung, Taman Nasional Wasur

Metro Merauke – Petugas dari Balai Tanam Nasional Wasur (BTNW) dibantu anggota Polres Merauke, Papua mengamankan sebanyak 12 meter kubik kayu di dalam kawasan hutan lindung, Taman Nasional Wasur, Sabtu (5/5).

Kepala Seksi Taman Nasional Wilayah 3 Wasur, Lebrina Serpara, kayu jenis rahai dan bus telah disita petugas dalam operasi selama beberapa hari. “12 kubik kayu sudah kita amankan dari dua pelaku dan operasi kita lanjutkan, Sabtu (5/5),” ujarnya.

Penangkapan kayu ini dilakukan atas laporan masyarakat setempat. Setelah mendapatkan informasi, anggota Polhut bersama anggota Polres Merauke kembali melakukan penyisiran di 10 lebih titik yang ada di dalam kawasan hutan lindung.

Alhasil, petugas menemukan tumpukan kayu dengan jumlah yang cukup banyak tanpa adanya pemiliknya. Di lokasi juga ditemukan satu unit handtraktor yang telah dimodifikasi digunakan untuk mengangkut kayu.

Petugas menemukan handtraktor yang telah dimoodifikasi digunakan untuk mengangkut kayu di hutan lindung

“Barang bukti kita amankan dan masih terus mencari siapa pemilik kayu itu,” kata Serpara.

Ia mengaku sangat menyayangkan adanya aksi penebangan kayu illegal di kawasan taman Wasur, karena lokasi itu menjadi kawasan dilindungi. Pihaknya mengharapkan partisipasi dan kerjasama masyarakat agar menjaga kelestarian hutan lindung, Taman Nasional Wasur. (Nuryani)

 

 

 

Advertisement