Anton Kaize: Suara Terbanyak Caleg Jadi Acuan

Anton Kaize: Suara Terbanyak Caleg Jadi Acuan

Bupati Merauke, Frederikus Gebze sedang bersalaman dengan parpol usai pertemuan | LKF

Metro Merauke – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, Antonius Kaize mengatakan, nomor urut calon legislatif, tak berpengaruh untuk terpilihnya seseorang menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Hal itu disampaikan Anton dalam pertemuan bersama Bupati Merauke, Frederikus Gebze bersama partai politik di kantor bupati beberapa hari lalu. “Prinsip suara terbanyak menjadi acuan untuk menentukan seseorang menjadi wakil rakyat,” ujarnya.

Jadi, lanjut Anton, meskipun seorang caleg mendapat nomor urut paling terakhir, namun jika mendapatkan suara terbanyak, bersangkutan yang akan siap dilantik menjadi anggota dewan.

Dikatakan, saat ini, pihaknya masih menunggu peraturan KPU tentang pencalonan dan pemilihan, termasuk penghitungan kursi. Jika sudah ada pemberitahuan, akan diinformasikan kepada masyarakat untuk diketahui.

Sebelumnya, Korwil Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua Selatan, Ignasius Ndiken meminta parpol mengakomodir caleg orang asli Papua dengan mendapatkan nomor muda.

“Itu dengan tujuan agar caleg bersangkutan mendapatkan peluang untuk memperoleh suara pada pemilu legislatif tahun depan. Kalau menempati posisi paling terakhir, peluang mendapatkan suara sangat tipis,” ujarnya. (LKF)

Advertisement