Para Guru Diminta Introspeksi Diri

Para Guru Diminta Introspeksi Diri

Ketua Komisi A DPRD Merauke, Moses Kaibu diwawancarai | LKF

Metro Merauke – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Moses Kaibu meminta kepada para guru agar mengintropeksi diri, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2018.

“Kenapa saya minta guru harus inttrospeksi diri, karena kenyataan di kampung-kampung lokal orang asli Papua, proses belajar mengajar tidak berjalan dengan baik,” ungkap Kaibu kepada Metro Merauke Rabu (2/5).

Dikatakan, wajah pendidikan di Kabupaten Merauke sangat suram. Proses belajar mengajar di kampung, praktis tak berjalan baik. Anak didik dibiarkan begitu saja. Sementara guru dengan berbagai alasan, berbulan-bulan menghabiskan waktu di kota.

“Sebagai wakil rakyat yang membidangi komisi pndidikan, saya sangat prihatin dengan proses belajar mengajar di kampung yang tidak berjalan maksimal,” tegasnya.

Selama ini, katanya, anak-anak Papua di kampung, harus berusaha sendiri untuk belajar, meskipun dengan berbagai keterbatasan.

Bahkan, lanjut dia, ketika sudah tamat belajar dan masuk di jenjang pendidikan SMP, mereka juga belum lancar membaca dan menulis. Sehingga harus dibimbing kembali para guru.

“Sebenarnya siapa yang salah? Saya juga tak bisa mengatakan guru atau dinas. Mari kita mencari solusi terbaik agar ke depan, guru betah tinggal di kampung dan proses belajar mengajar dapat berjalan normal kembali,” pintanya.

Momentum Hari Pendidikan Nasional, katanya, harus direnungkan dengan baik para guru. “Sudah saatnya untuk tidak bersantai lagi. Para guru agar kembali ke tempat tugas,” katanya. (LKF)

Advertisement