Tahun Ini, 66 Persen SMP/Mts di Merauke Laksanakan UNBK

Tahun Ini, 66 Persen SMP/Mts di Merauke Laksanakan UNBK

Suasana pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 11 Sota

Metro Merauke – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Papua menargetkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/Mts 80 persen bisa dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 mendatang.

Target tersebut dinilai mengalami peningkatan, mengingat pada UNBK tahun ini, 66 persen SMP/MTs di Merauke telah laksanakan UNBK.

Ketua Panitia Ujian Kabupaten Merauke, Baharudin Lahati menyebut, jumlah SMP/MTs yang mengikuti ujian sebanyak 59 sekolah dengan total peserta mencapai 3.967 siswa.

“Dimana sekolah yang menggelar UNBK ada 39 sekolah, sedangkan 20 lainnya melaksanakan ujian secara manual atau ujian nasional kertas pensil,” terangnya kepada wartawan disela-sela pemantauan ujian di SMP Negeri 11 Sota, Kamis (26/4).

Ia menjelaskan, untuk mendukung kelancaran pelaksanaan UNBK, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya membantu pemenuhan fasilitas komputer serta berkoordinasi dengan instansi terkait demi memperlancar pelaksanaan UNBK mendatang.

“UNBK bisa dilaksanakan di sekolah yang memiliki fasiltias, ujian juga bisa dilakukan di kantor distrik yang didukug internet maupun dengan cara offline,” ujarnya.

Dikatakannya, secara keseluruhan pelaksanaan UNBK maupun UNKP tingkat SMP/MTs di Merauke yang berlangsung empat hari (23-26/April) telah berlangsung aman dan lancar. (Nuryani)

 

Advertisement