Duh, Belasan Siswa SMP Erambu Terpaksa Menginap di SMK Sota Demi Bisa UNBK

Duh, Belasan Siswa SMP Erambu Terpaksa Menginap di SMK Sota Demi Bisa UNBK

Obertina Diwalek didampingi teman sekelas saat diwawancarai usai mengikuti UNBK di SMP Negeri 11 Sota

Metro Merauke – Sebanyak 19 siswa SMP Negeri Erambu, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua terpaksa menginap di SMK Sota demi dapat mengikuti UJian Nasional Berbasis Komputer yang berlangsung empat hari (23-26 April), dimana SMP Erambu bergabung dengan SMP Negeri 11 Sota bersama SMP Persiapan Yanggandur.

Untuk memudahkan siswa selama UNBK, sehari menjelang UNBK digelar para siswa sudah diangkut dengan menggunakan truk milik satuan penugasan dari Erambu menuju Sota yang berjarak tempuh 60 KM

Salah satu siswi Obertina Diwalek kepada Metro Merauke mengungkapkan alasan dirinya menginap di sekolah yang jauh dari rumah tempat tinggalnya.

“Rumah kita terpencil jauh sekali, kalau jalan dari rumah ke tempat ujian tidak cukup waktu satu atau dua jam, dan kita pasti terlambat. Sehingga kita rela menginap di SMK Sota dan jauh dari orang tua,” ujarnya, Kamis (26/4).

Obertina tidak sendiri, bersama belasan pelajar lainnya dari Erambu merasa senang bisa mengikuti UNBK yang perdana ini. Meski harus menginap di sekolah dan jauh dari orang tua, katanya, tidak menyurutkan semangat pelajar Erambu untuk dapat mengikuti ujian akhir tingkat SMP untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“UNBK ini pertama kali kita ikuti, awalnya kita bingung mau pakai komputer bagaimana, tapi beberapa bulan sebelumnya kita sudah dilatih pengenalan dan simulasi ujian berbasis komputer,” katanya.

Kepala Sekolah SMP Negeri Erambu, Budi Setio Wahono membenarkan, 19 siswanya yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki diinapkan di SMK Sota Merauke. Dipastikan pasca pelaksanaan UNBK empat hari, seluruh siswa akan diantar pulang ke Erambu kembali.

“Termasuk pada saat kegiatan simulasi dan bimbingan jelang UNBK beberapa bulan lalu, belasan siswa SMP Erambu juga menginap di sana (Sota). Ini semua demi kelancaran pelaksanaan UNBK,” tukasnya. (Nuryani)

 

Advertisement