Penyelundupan 1,8 Ton Miras Cap Tikus Bitung ke Papua Digagalkan

Penyelundupan 1,8 Ton Miras Cap Tikus Bitung ke Papua Digagalkan

Ilustrasi Miras Oplosan | Agung Pambudh

Metro Merauke – Penyelundupan 1,8 ton miras oplosan jenis cap tikus digagalkan. Miras khas lokal ini akan diselundupan menuju Papua dari Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara.

“Kami menangkap 1,8 ton minuman keras jenis cap tikus. Pemiliknya masih dalam tahap penyelidikan, peredaran akan ke wilayah timur, karena harga di sana miras semacam ini cukup tinggi”, ungkap Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting kepada detikcom, Jumat (20/4).

Miras lokal ini rencananya akan diselundupkan melalui Pelabuhan Bitung. Rute pengiriman melalui wilayah perairan timur termasuk wilayah Maluku Utara dan sekitarnya.

Dari hasil penggeledahan, ditemukan 38 karton air mineral dengan isi 14 botol miras oplosan. Tiap botolnya berukuran 1,5 liter. Sisanya, 9 karung miras yang dibungkus rapih seperti gulungan karpet dengan isi 16 botol ukuran 1,5 liter. Totalnya, ada sekitar 1.800 liter miras tradisional jenis cap tikus.

Karena jumlah yang cukup banyak ini, pihak kepolisian langsung melakukan pemusnahan sebagian barang bukti yang disaksikan oleh pihak Marinir, Kodim Bitung, dan masyarakat sekitarnya. (tfq/asp)

Sumber: Detik

Advertisement