Jokowi Akan Jajaki Ruas Jalan Trans Papua-Papua Barat

Jokowi Akan Jajaki Ruas Jalan Trans Papua-Papua Barat

Presiden Joko Widodo bersama GubernurPapua Barat Dominggus Mandacan di Sorong beberapa lalu | Antara foto/Olha Molalinda

Metro Merauke – Presiden Joko Widodo berencana menjajaki ruas jalan Trans Papua- Papua Barat dari Sorong – Manokwari – Teluk Wondama hingga ke Kabupaten Nabire, Provinsi Papua.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan di Wasior, Jumat, mengatakan, presiden tidak menggunakan mobil namun akan dilakukan dengan touring memakai sepeda motor.

Menurut Dominggus, Jokowi menyampaikan hal itu langsung kepada dirinya saat berkunjung ke Kota Sorong baru-baru ini. Saat itu Presiden menanyakan soal kesiapan infrastruktur di Papua Barat khususnya jalan Trans Papua.

“Saya sampaikan kepada presiden waktu itu, rencana nanti setelah Idul Fitri kita dengan balai jalan mau roadshow dengan mobil untuk tembus jalan dari Papua Barat dari Sorong, Manokwari, Wondama kemudian ke Nabire. Tapi Pak Presiden bilang nanti saya datang kita pakai motor saja. Saya bilang siap,” cerita Dominggus mengulangi percakapan dengan presiden di Sorong beberapa waktu lalu.

Gubernur mengatakan dirinya juga sudah menyampaikan langsung pesan Presiden kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang saat itu mendampingi presiden do Sorong.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kata dia, telah memerintahkan Kepala Balai Pembangunan Jalan untuk menata jalan yang bakal dilalui kepala negara.

Gubernur berharap, Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi bersama para pejabat daerah lainnya mempersiapkan diri dari sekarang. Rencananya, titik star touring motor Presiden Jokowi akan dimulai dari Wasior menuju Nabire.

Presiden Joko Widodo menyalami Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye O Wayangkau dan Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja di Sorong beberapa lalu. (Antara foto/Olha Molalinda)
“Saya sudah bilang Panglima (Kodam Kasuari) dan Kapolda (Papua Barat). Jadi Pak Bupati, Pak Wabup, semua OPD dan Kapolres siap-siap naik motor, karena nanti kita homebasenya di sini baru kita bergerak ke Nabire,”kata Dominggus.

Tahun 2018 merupakan tahun kerja. Pada tahun ini Balai Pembangunan jalan pun terus bekerja keras untuk menuntaskan sisa pekerjaan pembangunan ruas jalan trans Papua Barat. (Zack T Bala)

Sumber: Antara

Advertisement