5 Napi Lapas Merauke Siap Ikut UNBK

5 Napi Lapas Merauke Siap Ikut UNBK

Lapas Klas II B Merauke

Metro Merauke – Sebanyak 5 narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Merauke, Provinsin Papua mengikuti ujian paket B dan C pada 2018.

Ujian ini diselenggarakan pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) Tunas Mandiri Lapas Merauke.

Ketua PKBM Tunas Mandiri, Syamuhar Zein menjelaskan, ada 26 warga belajar yang mengikuti Ujian Nasional tahun ini. 21 orang Paket C dan 5 warga belajar Paket B. Dimana 5 diantaranya warga binaan atau narapidana Lapas Merauke.

“Sudah berlangsung Ujian Sekolah yang dilaksanakan di dalam Lapas Merauke,” katanya kepada wartawan, Jumat (20/4).

Dikatakannya, sejumlah warga binaan yang memenuhi syarat diikutkan menjadi peserta ujian. Dan direncanakan pada 27 April dan 4 Mei mendatang, puluhan warga belajar Tunas Mandiri bakal mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dipusatkan di SMA Negeri I Merauke.

“Jauh sebelum ujian, seluruh warga belajar telah mengikuti kegiatan belajar mengajar dan pelatihan dengan baik.”

Sejak 2011 kata Syamuhar, PKBM Tunas Mandiri menggelar Ujian Nasional. Dan tahun ini untuk yang kedua kalinya warga bejalar PKBM Tunas Mandiri dapat mengikuti UNBK, sekalipun pelaksananaanya masih bergabung di sekolah lain.

Ia menambahkan, peserta didiknya tak hanya para narapidana yang putus sekolah, melainkan PKBM memberi kesempatan yang sama bagi mantan narapidana dan sejumlah peserta dari luar.

Prinsipnya, lanjutnya, pendidikan menjadi penting bagi semua orang. Untuk itu Lapas berupaya agar setelah warga binaan keluar dari lembaga ketengah masyarakat dapat memanfaatkan pengetahuan yang diterima selama menjadi warga binaan di Lapas Merauke. (Nuryani)

Advertisement