Kantor KPUD dan Panwaslu Mamberamo Tengah Papua Dibakar Massa

Kantor KPUD dan Panwaslu Mamberamo Tengah Papua Dibakar Massa

Foto: Okezone

Metro Merauke – Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mamberamo Tengah, Rabu (18/4) dibakar massa.

Pembakaran kedua kantor yang disebut-sebut sebagai Graha Pemilu satu-satunya di Indonesia yang kemudian mendapatkan penghargaan rekor MURI karena berada dalam satu area ini dilakukan sekitar 600 orang dari salah satu massa pemerintahan dukung calon bupati dan wakil bupati di wilayah itu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol.A.M Kamal membenarkan peristiwa tersebut. “Bermula sekitat pukul 06.00 pagi massa dari salah satu pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, sekitar 600 massa melakukan persiapan orasi di sekitar kolam pemancingan, yang juga berada dikompleks itu,” kata Kamal, Rabu (18/4).

Sekitar pukul 07.45 WIT, ungkap Kamal, tiba-tiba massa anarkis dan melalukan aksi pembakaran. “Awalnya kantin Pemda yang dibakar, namun kemudian massa juga membakar gedung KPU dan kantor Panwas Kabupaten Mamberamo Tengah, meskipun sempat di cegah oleh anggota Polri yang sedang melakukan penjagaan,”ungkapnya.

Untuk menghalau massa yang terus anarkis, TNI Polri dipimpin Kapolres Mamberamo Tengah AKBP Deni Herdiana SE , SH mencoba memenangkan massa. “Sudah dilakukan negosiasi, dan massa berangsur bisa tenang,” katanya.

Sementara Komisioner KPU Provisi Papua Tarwinto mengaku meski bangunan KPU dan Panwaslu dibakar, namun tidak mempengaruhi tahapan Pilkada di wilayah itu. “Pilkada tetap jalan sesuai jadwal. Sementara untuk pelaku kita serahkan kepada pihak Kepolisian,” pungkasnya. (kha)

Sumber: Okezone

Advertisement