Wiranto: Pertanian Merauke Kekuatan Bangsa

Wiranto: Pertanian Merauke Kekuatan Bangsa

Menkopolhukam, Jend TNI (Purn) Wiranto, didampingi Bupati Merauke, Frederikus Gebze dan sejumlah pejabat lainnya tengah melakukan panen raya padi, di Kampung Marga Mulya, Merauke Senin (16/4)

Metro Merauke – Menteri Koordinator Polhukam (Menkopolhukam) Jend TNI (Purn) Wiranto melakukan panen raya padi menggunakan combain Harvester di Kampung Marga Mulya, Merauke, Papua, Senin (16/4).

Wiranto mengakui, besarnya potensi Sumber Daya Alam (SDA) khususnya pertanian di Merauke merupakan potensi luar biasa untuk produksi pangan dan bisa menjadi salah satu kekuatan besar bangsa Indonesia.

“Karena mampu membangun swasembada pangan di daerah,” katanya kepada wartawan usai melakukan panen padi, Senin (16/4).

Tak hanya itu, hasil produksi beras lokal Merauke pun diketahui juga telah disuplai ke sejumlah tempat di luar daerah.

Dikatakannya, kekuatan bangsa perlu dijaga, termasuk pertanian untuk mencegah adanya berbagai ancaman yang datang dengan mudahn  dan dapat mengancam keamanan dan kemajuan pembangunan.

Dikatakannya, Presiden RI Joko Widodo menyadari akan pentingnya menjaga keamanan daerah perbatasan. Sehingga lewat nawacitanya, presiden kini gencar melakukan pembangunan yang diawali dari daerah perbatasan.

“Ini keputusan yang berani dan hebat, karena kita memperkuat daerah perbatasan dengan berbagai sektor andalan daerah masing-masing,” tukasnya.

Kabupaten Merauke menjadi wilayah Indonesia timur dengan potensi lahan 1,2 juta hektar sangat memadai untuk dikembangkan. Terlebih pemerintah telah mendorong kemajuan pertanian dengan pemenuhan alat dan mesin pertanian (alsintan) dan menjawab kebutuhkan pupuk yang memadai. (Nuryani)

Advertisement