Ratusan Daerah Usulkan Pemekaran, Mendagri: Belum Ada Batas Waktu Moratorium

Ratusan Daerah Usulkan Pemekaran, Mendagri: Belum Ada Batas Waktu Moratorium

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo tengah berbincang-bincang dengan Bupati Merauke, Frederikus Gebze dan sejumlah pejabat lainya di Papua

Metro Merauke – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, kementriannya menerima usulan 314 daerah pemekaran dari seluruh Indonesia, usulan DOB baik provinsi dan kabupaten/kota, termasuk di dalamnya pemekaran Provinsi Papua Selatan.

Namun Mendagri kembali menegaskan, usulan DOB belum dapat dilakukan. Ia menyebut alasan penundaan pembentukan DOB, karena pemerintah saat ini masih gencar-gencarnya melakukan percepatan pembangunan infrastruktur ekonomi dan sosial.

“Melalui sidang Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, saya putuskan soal pemekaran dipending dulu dan belum ada batas waktu moratorium,” ucapnya kepada wartawan di Merauke, Senin (16/4).

Kemendagri memahami argumen perjuangan pemekaran bertujuan untuk percepatan, pemerataan pembangunan dan percepatan pelayanan publik.

Namun, lanjutnya, harus dipersiapkan dengan maksimal, baik kemampuan pembiayaan, sumber daya manusia dan daya dukung lainnya.

Tjahjo Kumolo di Merauke, mengatakan semangat pemekaran yang diperjuangkan elemen masyarakat patut diapresiasi, namun harus dikendalikan secara baik oleh pemerintah.

“Usulan pemekaran hak konstitusiaonal, masyarakat dan daerah. Kalau dibangun DOB bukan hanya membangun gedung perkantorannya saja tapi sarana pendukung lainnya harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Karena banyaknya usulan pemekaran, kami pending dulu sampai nanti selesai pembangunan infrastruktur sosialnya itu,” tandasnya. (Nuryani)

Advertisement