Pencanangan Program Gerbangdutas Ditandai Pemukulan Tifa

Pencanangan Program Gerbangdutas Ditandai Pemukulan Tifa

Dua menteri sedang memukul tifa-pertanda program Gerbangdutas di Kabupaten Merauke dijalankan | LKF

Metro Merauke – Pencanangan Program Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) oleh Menkopolhukam, Wiranto serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo ditandai pemukulan tifa.

Pemukulan tifa yang berlangsung di depan Kantor Bupati Merauke Senin (16/4), disaksikan Penjabat Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soerdamo, Pangdam Cenderawasih, Kapolda Papua serta Bupati Merauke, Frederikus Gebze.

Kepada sejumlah wartawan usai pencanangan, Menko Polhukam mengatakan, masyarakat di daerah perbatasan juga warga negara Indonesia. Olehnya, perlu mendapatkan keadilan dan kemakmuran.

“Jadi, kebijakan Bapak Presiden RI, Joko Widodo dengan member  perhatian kepada masyarakat di daerah perbatasan, sudah sangat tepat,” katanya.

Bicara tentang pendekatan keamanan nasional, lanjut Menkopolhukam, juga penting mengingat sekarang ini tidak hanya ancaman militer asing, tetapi sudah berubah menjadi serangan dimensional.

“Ada serangan narkoba, human trafficking, radikalisme, terorisme maupun ilegal fishing yang ancamannya melalui daerah perbatasan,” tegasnya.

Jadi, jelas Menkopolhukam, kalau daerah perbatasan lemah dan longgar, maka ancaman akan mudah masuk. Namun dengan program Gerbangdutas, maka pembangunan infrastruktur, pemukiman dan lain-lain akan dilaksanakan.

Dijelaskan, program dimaksud sudah berlangsung dalam tiga tahun terakhir di beberapa provinsi. Tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Merauke-Papua.

“Ada kemajuan pesat terjadi. Dimana, dulunya sejumlah pos lintas yang kumuh di daerah perbatasan, kini dibangun lebih baik lagi,” katanya. (LKF)

Advertisement