Menkopolhukam: Potensi Kerawanan Pilkada di Papua Dinetralisir

Menkopolhukam: Potensi Kerawanan Pilkada di Papua Dinetralisir

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto

Metro Merauke – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto menyatakan, Provinsi Papua masuk dalam daerah rawan akan terjadi konflik selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2018.

Meski begitu, katanya, keikutsertaan dan kesadaran masyarakat akan pendidikan politik yang baik diyakininya bisa mencegah terjadi konflik selama pelaksanaan Pemilu tahun ini. “Kerawanan di Papua juga ada, kita lakukan usaha-usaha untuk menetralisir kerawanan itu,” ucapnya kepada wartawan di Merauke, Senin (16/4).

Dikatakannya, jauh sebelum pelaksanaan Pilkada, pihaknya sudah melakukan pemetaan di 171 daerah penyelenggara Pilkada serentak guna menetralisir adanya berbagai potensi yang dapat menimbulkan kerawanan konflik Pilkada.

“Enam bulan sebelumnya sudah dilakukan survey indek kerawanan pemilu, beberapa daerah sudah dilihat. Kalau ada yang tidak aman kita cari penyebabnya untuk dapat dinetralisir,” katanya.

Menkopolhukam mengharapkan di tahun politik ini dapat berlangsung aman dan sukses. Yang utama, keikutsertaan masyarakat bertanggung jawab terhadap keamanan wilayahnya.

“Pilkada yang sukses dengan menghasilkan pemimpin yang berkualitas, pemimpin yang berorentasi kepada kepentingan rakyatnya bukan berpikir pada kepentingan politik dan diri sendiri, ini yang kita harapkan,” tandasnya. (Nuryani)

Advertisement