Pasokan Menipis, Harga Cabe Terus Naik

Pasokan Menipis, Harga Cabe Terus Naik

Salah satu pedagang di pasar baru Mopah, Maria Magdalena tengah menunggu barang jualannya

Metro Merauke- Harga sejumlah barang yang dijual di pasaran Merauke, Papua mulai mengalami kenaikan. Salah satunya cabe, sudah hampir sebulan ini harga cabe lokal terus merangkak naik, kini harga perkilonya menembus Rp 95.000-Rp100.000.

Para pedagang mengakui, pemicu harga cabe yang urung turun ini karena pasokan barang mulai menurun, alhasil para pedagang terpaksa menaikan harga jual.

Dikakatan salah satu pedagang di pasar baru Mopah, Maria Magdalena, kenaikan harga cabe tidak sekaligus. “Dua minggu lalu harganya Rp50.000 dan terus naik menjadi Rp 75.000 hingga sekarang bisa Rp100.000/kg,” ujarnya, Jumat (13/4).

Maria menambahkan, stok cabe di Merauke mulai menipis. “Belakangan ini sering hujan dan dampaknya tanaman cabe rusak,” katanya.

Kenaikan harga bukan hanya terjadi pada cabe, melainkan untuk beberapa jenis sayuran pun ikut naik, termasuk bawang merah dan bawang putih.

Konsumen berharap pemerintah dapat menekan kenaikan harga sejumlah barang, terlebih menjalang bulan puasa tahun ini. (Nuryani)

 

Advertisement