Unik dan Langka, Patung Akar Pohon dari Cirebon Ini Sulit Dijual

Unik dan Langka, Patung Akar Pohon dari Cirebon Ini Sulit Dijual

Karya Jhoni Tunggul/Foto: Sudirman Wamad

Metro Merauke – Seniman pahat asal Cirebon, Jhoni Sarmija (55) alias Jhoni Tunggul terus berputar otak untuk bisa memasarkan hasil karyanya.

Karya Jhoni Tunggul terbilang unik dan langka. Bersama adiknya, Asmija Tomo (47), Jhoni menggeluti seni pahat khusus akar pohon. Jhoni dan Tomo satu-satunya seniman pahat khusus akar pohon di Cirebon. Sayangnya, Pemkab Cirebon hingga kini belum pernah menyentuh sekalipun karya-karya Jhoni.

“Kita jual ke orang-orang terdekat saja. Sekitar Cirebon saja, ada yang ke luar negeri. Tapi, itu bukan kami yang jual, pembeli kami yang jual ke sana,” kata Jhoni saat ditemui detikcom di kediaman Tomo, Blok Desa, Desa Tuk, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (2/4/2018).

Jhoni selalu berupaya mengenalkan hasil karyanya ke publik. Sebelum menjadikan kediaman milik adiknya sebagai rumah produksi, Jhoni sempat memiliki sanggar di Goa Sunyaragi Kota Cirebon. “Di Kota Cirebon sering dilibatkan untuk ikut pameran. Sekarang tidak pernah. Padahal butuh untuk mengenalkan produk,” kata Jhoni.

Di tempat yang sama, Tomo berharap Pemda Kabupaten Cirebon bisa membantu memasarkan karya-karyanya. Kendati mengalami kesulitan dalam pemasaran, Tomo terus berusaha.

“Hanya dua karya yang terjual setiap bulannya. Itu juga mandiri. Puluhan tahun kita berkarya, belum pernah ada kerjasama dengan pemda,” katanya.

Tomo tak berharap lebih kepada pemerintah, ia dan Jhoni hanya menginginkan pemerintah ikut andil untuk mengenalkan karya dari putra daerah. Padahal, peminatnya hingga ke luar negeri.

“Sekarang paling hanya pemesan dari Bekasi dan Tangerang. Ini juga lagi ngerjadin dua pesanan. Walau bagaiaman pun kita tetap butuh tangan pemerintah,” ucapnya.  (avi/avi/https://news.detik.com)